Mohon tunggu...
Anisa
Anisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengguna Teknologi dalam Pengembangan Kurikulum PAI Moderat di Era Merdeka Belajar

6 Juli 2024   09:31 Diperbarui: 6 Juli 2024   09:40 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nama: Fida Rahma Z

Kelas : PAI 6C

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa yang beriman dan berakhlak. Kurikulum PAI yang baik dapat membantu siswa memahami dan menghayati nilai-nilai agama yang dianut serta mengembangkan kemampuan berakhlak yang lebih baik. Dalam beberapa tahun terakhir, transformasi kurikulum PAI telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama di Indonesia. Tujuan Perubahan Kurikulum PAI Tujuan utama transformasi kurikulum PAI adalah untuk membentuk karakter siswa yang beriman dan berakhlak. Ada banyak cara untuk mencapai tujuan ini, seperti:

1. Meningkatkan Kesadaran dan Penghayatan Agama: Tujuan dari transformasi kurikulum PAI adalah untuk meningkatkan kesadaran dan penghayatan siswa terhadap nilai-nilai agama. Dengan demikian, siswa akan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk memahami dan menghayati nilai-nilai agama. 

2. Meningkatkan Kemampuan Moral: Tujuan kurikulum PAI yang efektif adalah untuk meningkatkan moral siswa. Siswa dapat berperilaku dengan lebih baik dan memiliki etos yang lebih tinggi dalam berinteraksi dengan orang lain sebagai hasilnya. 

3. Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama: Tujuan transformasi kurikulum PAI adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama. Akibatnya, siswa akan menerima pendidikan agama yang lebih baik dan lebih bermakna.

Strategi Transformasi Kurikulum PAI

Untuk mencapai tujuan transformasi kurikulum PAI, beberapa pendekatan dapat digunakan, seperti: 

1. Pembelajaran Interaktif: Pembelajaran interaktif dapat membantu siswa lebih berpartisipasi dan memahami nilai-nilai agama. 

2. Penggunaan Media Multimedia: Penggunaan media multimedia dapat membantu siswa memahami dan memahami prinsip agama dengan lebih mudah. Akibatnya, pengalaman belajar siswa menjadi lebih interaktif dan bermakna. 

3. Pembinaan Karakter: Pembinaan karakter dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berakhlak yang lebih baik, yang memungkinkan mereka berperilaku dengan lebih baik dan memiliki etos yang lebih tinggi saat berinteraksi dengan orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun