Internet adalah salah satu teknologi informasi yang digunakan dalam bisnis. Sebanyak 62,10% dari populasi penduduk di Indonesia telah mengakses internet menurut data BPS dari hasil Survei Susenas 2021 (Sutarsih et al., 2021). Tingginya pengguna internet akan meningkatkan peluang berkembangnya bisnis online dan Internet juga berpengaruh terhadap perkembangan bisnis online.
Salah satu media untuk berbelanja online ialah e-commerce, dilansir dari website kominfo.go.id menurut Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bahwa bisnis berbasis digital diproyeksi tumbuh 33,2% yakni pada tahun 2020 sebanyak Rp 253 triliun kemudian pada tahun 2021 meningkat menjadi Rp 337 triliun.
Siapa yang tak mengenal Tokopedia pada zaman ini? Platform ini berfokus pada jual-beli online di Indonesia dan diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Tokopedia didirkkan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009.Â
Kemudian, platform ini diperkenalkan ke publik pada 17 Agustus 2009. Tokopedia memberi dukungan kepada UMKM dengan memberikan akses gratis ke layanan dasar, mempermudah mereka dalam menjual produk secara digital. Dari informasi yang dilaporkan oleh situs databoks.katadata.co.id Dengan jumlah pengguna lebih dari 147 juta pada tahun 2022, Tokopedia telah menjadi salah satu marketplace yang sangat diminati di Indonesia.Â
Mereka menawarkan beragam produk serta pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi para konsumen. Namun, semakin banyak platform jual beli online yang tersedia di Indonesia. Hal ini mendorong Tokopedia untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru. Karena itu, Tokopedia menerapkan strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) yang komprehensif.Â
Konsep Integrated Marketing Communication (IMC) adalah proses yang melibatkan pengembangan dan implementasi berbagai program komunikasi persuasif untuk pelanggan dan calon pelanggan secara berkelanjutan.Tokopedia memahami betapa pentingnya IMC dalam menjaga pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka.
Bentuk Kegiatan Komunikasi Pemasaran yang diterapkan oleh Tokopedia sebagai bagian dari strategi IMC mereka mencakup beberapa:
1. PeriklananÂ
Tokopedia mengandalkan berbagai jenis media iklan, termasuk media 'below the line' seperti pamflet, billboard, dan spanduk. Ini bertujuan untuk menjangkau konsumen di lokasi dengan lalu lintas tinggi,sehingga pesan dapat diterima dengan baik.
2.Pemasaran LangsungÂ
Tokopedia mengadakan roadshow dan talkshow untuk berinteraksi secara langsung dengan penjual.Kegiatan ini tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga membangun komunitas di antara pengguna platform.Â
3. SponsorshipÂ
Perusahaan ini terlibat dalam sponsorship acara yang relevan,seperti seminar dan talkshow wirausaha. Sponsorship ini dibuat untuk meningkatkan eksposur merek dan menarik pelanggan baru dengan mendukung kegiatan pengusaha kecil.