Mahasiswa KKN MANDIRI UNTAG SURABAYA melaksanakan program" INOVASI PEMBUATAN DAN PEMASARAN PRODUKSI ROTI UNTUK MENGEMBANGKAN UMKM Desa Ronggomulyo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban".Kegiatan ini dilaksanakan sealama 12 hari (7-18 Desember 2021).
Dunia usaha dan perdagangan akhir-akhir ini berkembang semakin pesat, hal ini ditandai dengan adanya kenaikan yang semakin tajam dan ketatnya persaingan usaha yang terjadi. Tujuan dari berdirinya suatu usaha yaitu mendapatkan keuntungan, mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar dan menentukan tujuan yang ingin dicapai merupakan salah satu bagian penting dalam proses penyusunan strategi pemasaran.Â
Strategi pemasaran adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk tercapainya pemasaran suatu perusahaan Penerapan strategi pemasaran yang tepat adalah sebagai kunci utama untuk dapat tetap bersaing dalam dunia perdagangan. Salah satu strategi pemasaran yang tepat adalah dengan menerapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang sering disingkat dengan 4P yakni terdiri dari variabel product, price, place and promotion.
Bagi UMKM Roti di Ronggomulyo Tuban pemahaman akan sikap pembelian produk yang ditawarkan di pasaran merupakan dasar untuk merumuskan strategi pemasaran yang lebih tepat untuk mencapai hasil yang maksimal. Orientasi pemasaran UMKM Roti di Ronggomulyo Tuban adalah pemenuhan kebutuhan konsumen, sehingga semua usaha pemasaran diarahkan untuk membentuk dan mendorong sikap konsumen agar melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan.Â
Lingkungan bisnis mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu, sehingga menimbulkan masalah baru yang kompleks dan tentu akan menjadi suatu ancaman bagi usaha bisnis itu sendiri.Rendahnya promosi sehingga membuat turunnya omset penjualan.Berdasarkan hal tersebut maka peneliti menemukan ide untuk menambah inovasi varian rasa roti bakar sehat dengan cita rasa gurih berisikan sayur, daging dan telur. Alasan mengapa varian rasa gurih dipilih dalam penelitian ini adalah untuk memberikan ciri khas tersendiri bagi UMKM Roti di Ronggomulyo Tuban serta untuk menarik minat pembeli.
Pengembangan produk baru membentuk masa depan UMKM dan produk baru maupun produk pengganti yang dikembangkan akan memelihara maupun meningkatkan penjualan. Pengembangan produk baru bisa menjadi kunci keberhasilan bisnis perusahaan, dan inovasi adalah landasannya Pengembangan diiringi dengan inovasi, inovasi merupakan gerakan penerimaan dan implementasi dari ide-ide, proses-proses, dan produk-produk baru. Inovasi dikenal sebagai mesin yang menggerakkan ekonomi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H