Mohon tunggu...
ANING SUHAENI
ANING SUHAENI Mohon Tunggu... Guru - Profesi sebagai Guru SD di SDN 2 Jatisari

Hobi saya adalah membaca dan senang menulis. Saya mengikuti beberapa kegiatan menulis untuk menambah wawasan saya dibidang literasi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1

28 Juni 2023   12:44 Diperbarui: 28 Juni 2023   12:48 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum wr.wb.

Salam Guru Hebat!

Saya Aning Suhaeni, S.Pd.I. CGP Angkatan 7 Kabupaten Kuningan. Saya akan berbagi pengalaman Saya selama mempelajari Modul 3.1. Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan sebagai Pemimpin. Dalam melakukan refleksi Saya menggunakan Model 4F atau 4P. Berikut hasil refleksi Saya terhadap Modul 3.1.

1. FACTS (Peristiwa)

Kegiatan mempelajari Modul 3.1. diawali dengan kegiatan Pre Tes untuk modul 3 ini yang dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2023. Setelah mengerjakan Pre Tes seperti biasa Kami mempelajari modul dengan menggunakan Alur MERDEKA. Dimulai dengan alur Mulai dari Diri bertepatan dengan tanggal 31 Maret 2023, pada alur ini Saya menjawab pertanyaan pemantik tentang kutipan dari Bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi Bapak Nadiem Makarim mengenai beban dan amanah kepemimpinan.

Alur kedua yaitu Eksplorasi Konsep. Pada alur ini dibagi menjadi dua kegiatan yang pertama yaitu Saya mengeksplorasi pengetahuan Saya melalui kegiatan membaca, mengomentari, menjawab pertanyaan dan menganalisis kasus mengenai 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Pada alur eksplorasi yang kedua Saya melakuakan diskusi dengan memilih salah satu kasus dari 4 kasus yang tersedia mengenai dilema etika dan bujukan moral. Saya juga mengomentari hasil analisis rekan CGP yang lain. Selanjutnya yaitu alur Ruang kolaborasi yang pertama Saya mendapatkan pemahaman dan ilmu mengenai pengambilan keputusan dari Fasilitator Bapak Niamul Huda, ST,M.Pd. Kemudian Fasilitator memfasilitasi Kami bersama CGP yang lain untuk berkelompok melakukan diskusi untuk memilih kasus yang termasuk Dilema Etika yang Kami alami. Setelah berdiskusi Kami memutuskan kasus dilema etika yang Saya alami di sekolah Saya dan kami presentasikan pada pertemuan berikutnya.

Pada alur Demonstrasi Kontekstual Saya dituntut untuk melakukan wawancara terhadap 2 atau 3 Kepala Sekolah mengenai pengambilan keputusan. Saya mewawancarai Bapak Suherman S.Pd,SD. selaku Kepala Sekolah Saya di SDN 2 Jatisari, kenudian mewawancarai Bapak Tarim, S.Pd. Kepala Sekolah SDN 3 Tangkolo. Hasil wawancara Saya analisis dan membuat laporannya. Selanjutnya yaitu alur Elaborasi yaitu pemahaman materi bersama instruktur dilanjutkan dengan Koneksi antar Materi yaitu proses menghubungkan pemahaman baru dengan materi pada modul-modul terdahulu. Kegiatan terakhir dalam Alur MERDEKA yaitu Aksi Nyata, Saya membuat rancangan Aksi Nyata yaitu dengan melakukan desiminasi, membantu menyelsaikan masalah dengan membuat keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.

2. FEELING (Perasaan)

Perasaan Saya ketika mempelajari Modul 3.1. tentang Pengambilan Keputusan Berdasarkan Nilai-nilai Kebajikan sebagai pemimpin, Saya merasa senang, penasaran dan tertantang karena menurut Saya materi ini sangat penting sebagai bekal untuk menjadi seorang pemimpin. Saya merasa senang mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman tentang menganalisis sebuah kasus serta membuat keputusan pada permasalahan yang Saya hadapi. Saya merasa penasaran dan tertantang karena biasanya Saya dalam mengambil keputusan selalu berdasarkan pada perasaan ternyata dalam mengambil keputusan harus berdasarkan 4 paradigma 3 prinsip dan 9 langkah pengambilan.

3. FINDING (Pembelajaran)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun