Mohon tunggu...
Anindya Oryza Metana
Anindya Oryza Metana Mohon Tunggu... Mahasiswa - digunakan untuk tugas kuliah semata

mahasiswa akuntansi FEB UNDIP akun digunakan untuk tugas kuliah semata

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peningkatan Profit saat Masa Pandemi Covid-19? Diversifikasi Produk Solusinya

12 Februari 2022   16:18 Diperbarui: 12 Februari 2022   16:21 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses Edukasi Diversifikasi Produk (Dokpri)

Pada masa pandemi seperti sekarang ini berbagai bidang terkena dampak, salah satu diantaranya yaitu bidang ekonomi. Bidang ekonomi merupakan bidang yang tidak dapat di pungkiri sangat mempengaruhi tingkat kemakmuran masyarakat. Apabila tingkat perekonomian menurun akan memberikan dampak penurunan pula pada tingkat kemakmuran masyarakat. Salah satu bidang ekonomi yang terkena dampak pada masa pandemi ini yaitu UMKM.

Pada masa pandemi banyak pelaku UMKM terkena dampak yang membuat beberapa UMKM menjadi gulung tikar disebabkan karena tidak adanya pemasukan. Pemasukan ini sangat penting bagi kelangsungan jalannya usaha. Dengan adanya pemasukan usaha dapat terus bertahan. Oleh karenanya UMKM perlu menemukan solusi yang tepat untuk mengaatasi masalah tersebut.

Anindya Oryza Metana salah satu mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2022  telah melaksanakan program diversifikasi produk pada UMKM sebagai langkah mengatatasi permasalahan menurunnya profit UMKM pada masa pandemi ini. Program ini mendorong mendorong pelaku UMKM untuk berfikir kreatif dengan melakukan diversifikasi. Diversifikasi produk sendiri yaitu dimana pelaku UMKM memproduksi produk dengan unsur intrinsic yang mirip, tetapi masih memiliki perbedaan dari segi lainnya.


Proses Edukasi Diversifikasi Produk (Dokpri)
Proses Edukasi Diversifikasi Produk (Dokpri)

Program diversifikasi produk ini dilakukan secara langsung dengan pelaku UMKM yaitu dengan membantu pelaku UMKM tersebut melakukan desain produk, pengemasan produk yang membuatnya lebih menarik, serta menyarankan berbagai varian baru yang menjadi pembeda dengan produk UMKM lain yang beredar di pasaran. Sebagai tindak lanjut dari program ini, dilakukan pula pendampingan oleh pelaku UMKM melalui social media WhatsApp.

Penulis : Anindya Oryza Metana

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, MM, MA

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun