Pada masa pandemi seperti sekarang ini berbagai bidang terkena dampak, salah satu diantaranya yaitu bidang ekonomi. Bidang ekonomi merupakan bidang yang tidak dapat di pungkiri sangat mempengaruhi tingkat kemakmuran masyarakat. Apabila tingkat perekonomian menurun akan memberikan dampak penurunan pula pada tingkat kemakmuran masyarakat. Salah satu bidang ekonomi yang terkena dampak pada masa pandemi ini yaitu UMKM.
Pada masa pandemi banyak pelaku UMKM terkena dampak yang membuat beberapa UMKM menjadi gulung tikar disebabkan karena tidak adanya pemasukan. Pemasukan ini sangat penting bagi kelangsungan jalannya usaha. Dengan adanya pemasukan usaha dapat terus bertahan. Oleh karenanya UMKM perlu menemukan solusi yang tepat untuk mengaatasi masalah tersebut.
Anindya Oryza Metana salah satu mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2022 Â telah melaksanakan program diversifikasi produk pada UMKM sebagai langkah mengatatasi permasalahan menurunnya profit UMKM pada masa pandemi ini. Program ini mendorong mendorong pelaku UMKM untuk berfikir kreatif dengan melakukan diversifikasi. Diversifikasi produk sendiri yaitu dimana pelaku UMKM memproduksi produk dengan unsur intrinsic yang mirip, tetapi masih memiliki perbedaan dari segi lainnya.
Program diversifikasi produk ini dilakukan secara langsung dengan pelaku UMKM yaitu dengan membantu pelaku UMKM tersebut melakukan desain produk, pengemasan produk yang membuatnya lebih menarik, serta menyarankan berbagai varian baru yang menjadi pembeda dengan produk UMKM lain yang beredar di pasaran. Sebagai tindak lanjut dari program ini, dilakukan pula pendampingan oleh pelaku UMKM melalui social media WhatsApp.
Penulis : Anindya Oryza Metana
Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, MM, MA
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H