Siapa yang tidak tahu Bouqet?,Saya yakin semua pasti sudah mengenal variasi bisnis bouqet ini mulai dari varian isi bunga segar sampai yang berisi makanan.Bouqet ini biasanya digunakan sebagai jasa pemberian untuk setiap perayaan,kelulusan,keberhasilan,ulang tahun,dll.
Pada umumnya jenis bouqet dengan variasi bunga segar memiliki banyak kendala,karna bunga harus disajikan dalam keadaan fresh.Maka dari itu Toko UMKM ini membuka usaha Bouqet snack,yang dirasa sangat efektif,mudah,dan bermanfaat di semua pihak.
Usaha Bouqet Snack ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.Salah satu kelebihan dari usaha Bouqet Snack ini adalah Bahan baku mudah ditemukan dan proses pembuatannya tidak rumit.Adapun kekurangannya,banyak kompetitor pada bisnis ini dan harus lebih kreatif.
Peluang pasar untuk bisnis ini besar,mengingat fungsinya sebagai pemberian (seperti; wisuda,ulang tahun,anniversarry,dan yang lainnya).
Penentuan pemasaran UMKM ini juga sangat tepat,mereka memulai tahapan berjualannya dari area sekolah,kampus,komunitas,dan umum.Tidak lupa untuk menggunakan penawaran lewat media sosial seperti Instagram,Twitter,Facebook.Walaupun toko ini tidak memiliki toko offline,mereka menggunakan media online sangat baik.
Mereka menerima request bentuk maupun varian snack sesuai selera,dan budgjet juga akan desusaikan dengan barang-barang pelengkapnya.Harga snack dan pelengkapnya juga disesuaikan oleh penjual.
Adapun contoh Bouqet snacknya;
Penulis menyimpulkan,Bahwa ide bisnis dapat datang dari apa saja,asalkan kita mau dan dapat mengembangkan ide tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H