Mohon tunggu...
Anik Setyani Rahayu
Anik Setyani Rahayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab

Selanjutnya

Tutup

Trip

Gambar Buatan Manusia Tertua Berada di Indonesia

15 September 2024   10:25 Diperbarui: 15 September 2024   10:32 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar buatan manusia tertua saat ini adalah gambar babi rusa. Babi rusa adalah hewan endemik yang hanya ada di sulawesi. Jadi pada tahun 2017 pusat arkeologi nasional (ARKENAS) bekerja sama dengan Griffith University dari Australia melakuan penjelajahan kedalam gua di Sulawesi Selatan. Gua terseut bernama kang tedongnge dan ddalam gua tersebut ditemukan 3 lukisan babi rusa yang dibuat dengan tangan setelah dilakukan penanggalan dengan menggunakan teknik uranium series dating atau pennggalan seri uranium ditemukan bahwa salah satu lukisan babi yang utuh itu berumur 45.500 tahun membuat lukisan -- lukisan babi rusa tersebut lebih tua daripada lukisan tertua yang selama ini kita tahu yang ada di Spanyol yaitu el castilo dan juga gua dipprancis yang dinamakan chauvet cave atau gua chauvet yang diperkiakan umur kedua gua dieropa ini 30.000 -- 40.000 tahun. Gua yang ada di Sulawesi lukiisannya itu mencapai 45.500 tahun lebih tua dari gua dengan lukisan hewan manapun yang dibuat oleh manusia prasejarah. 

Dan yang uniknya lokasi dai gua kang tedongnge ni beradi di 1 lembah tersembuyi di Sulawesi Selatan yang hanya berjarak 45 kilometer dari kota terbesar di Sulawesi dan salah atu kota terbesar d indonesia yaitu kota Makassar dan gua kang tedongnge ini terlindungi dan terpreserve dengan baik walaupun letaknya sangat dekat dengan pusat kehdupsn metropolitan di Sulawesi. Kenapa penemuan ini begitu penting? Karena dengan penemuan gambar tertua buatan manusia seolah -- olah mengubah pemahaman kita yang tadinya manussia prasejarah itu pertama kali mengenal lukisan hewan hanya di eropa dan ternyata di sulawesi Jauh lebih dulu dan walaupun terpisah jarak  kedua geografis in berbeda antara eropa dan suawesi tapi mereka memiliki pemikiran abstrak dan seni yang sama yaitu mereka mnggambar hewan di dalam gua dan menggunakan telapak tangan mereka juga unnntuk menggambar di sebelah gambar hewan semacam tanda tangan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun