Mohon tunggu...
Anik Liftiana
Anik Liftiana Mohon Tunggu... -

Berharap bisa membayar kepantasan HIDUP agar damai sejahtera

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Memilih Tablet yang Sesuai dengan Anak (anak Sopir vs anak Dokter)

14 September 2013   12:28 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:54 2985
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kebutuhan Tablet  saat ini seperti virus yang penyebarannya tidak terbendung buat anak-anak. Ketika temannya satu punya tentu yang lain minta dibelikan orang tuanya namun yang terjadi orang tua banyak yang kebingungan dalam menentukan Tablet  apa yang tepat buat buah hatinya dan menyesuaikan dengan kondisi keuangannya.

Kejadian ini banyak sekali dialami oleh teman, saudara, dan tetangga saya, bahkan mungkin terjadi pada anda juga. Setiap kali mereka butuh minimal referensi Tablet bertanya pada saya meski saya bukan penjual apalagi maniak terhadap penggunaan Gadget satu ini.

Hari ini baru saja saya mengantar salah satu sopir dikantor yang ingin membelikan Tablet buat putrinya dan Teman Saya Dokter yang juga ingin membelikan putranya.

Begitu saya masuk ruangan ternyata Bapak Sopir itu sudah tersenyum dengan saya dan dengan malu-malu dia berkata “Bu, Ngapunten Saya mau ngrepoti sebentar” melihat mimiknya yang serius saya persilahkan untuk duduk dikursi depan meja saya “iya pak ada apa?” tanyaku, diapun menjawab “Beginiloh Bu anak saya kelas 5 SD minta belikan Tablet, tapi saya tidak punya uang Banyak, saya Cuma punya 600 ribu bisa mboten nggih dapat Tablet, soalnya denger-denger harganya segitu”…sambil becanda saya jawab “emang saya jualan pak?, ya nanti kita jalan ke toko waktu jam istirahat ya”.

Pas Jam Istirahat Bapak Sopir itu sudah menunggu saya..”ayo pak kita turun ke toko” ajak saya padanya dan pada jam yang sama Teman Saya seorang Dokter menelepon memberitahu ke saya kalau dia sedang berada di Mall ini mencarikan Tablet buat anaknya..pertanyaannyapun sama Murah Bagus Cukup Buat anak-anak. Berkeliling di Mall IT dimana segala macam gadget ada disini dan keduanya intinya sama Bagaimana dengan uang yang minimal bisa dapat gadget yang Maksimal itu point pentingnya, tidak perlu ribet bandingkan fitur sampai seharian cuma keliling adanya Cuma capek nggak pulang-pulang habis-habisin waktu……..

Sebenarnya saya sudah bisa mengarahkan ke salah satu Brand tapi biarlah mereka tau sendiri di pameran nanti bonus penjelasan SPG-nya.

Ini sedikit saran saya yang bisa membantu mempermudah dalam membeli Tablet……………..

Sesuaikan dengan Usia Anak

Kebutuhan Tablet itu harus disesuaikan dengan usia anak. Untuk anak usia dibawah 7 tahun saya mengarahkan membeli  Tablet yang murah dan Spek yang cukup karena resiko terbesar adalah rusak akibat jatuh, tertindih atau kena tumpahan air. Kebutuhan terbesar mereka adalah untuk  media bermain saja.  Model wi-fi standar yang membutuhkan ke akses jaringan wi-fi untuk ke internet sudah cukup karena anak masih dalam tahap pengawasan orang tua sepenuhnya. Yang perlu diperhatikan adalah media penyimpanannya. Saya sarankan minimal 4G agar banyak aplikasi yang ada didalamnya.

Namun untuk anak usia  7 tahun keatas model 3G yang bisa internetan lebih baik, hal terpenting adalah orang tua bisa berkomunikasi dengan anak  atau bisa menelepon anak  selain itu mereka juga bisa menggunakan sebagai media bermain dan bermanfaat untuk mencari pengetahuan tambahan sehingga bisa optimal. Media peyimpanan selain media internal minimal 4G bisa ditambah micro SD card yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Pembatasan pulsa dan pemakaian internet sebaiknya masih dalam pengawasan orang tua. Saat ini sudah mulai banyak kartu perdana internet yang menawarkan paket kuota besar dimalam hari dan minim di siang hari sehingga penggunaan tetap dalam pengawasan orang tua di rumah.

Dana Sesuaikan dengan Kemampuan

Setelah mengetahui kebutuhan anak tentu kita kembalikan ke diri kita sendiri sebagai orang tua. Banyak merk Tablet dipasaran dengan spesifikasi yang sama harganyapun tidak jauh berbeda. Secara performa bisa terlihat langsung sudah lumayan.  Jangan lupa siapkan dana lebih untuk membeli screen protector, leather case dan micro sd card sesuai dengan selera karena tidak semua memberikan bonus tambahan.

Praktis dan mudah dibawa

Ukuran Tablet  terlalu besar  tentunya merepotkan sedangkan sebaliknya terlalu kecil seringkali sulit dibaca dan dinikmati oleh anak-anak. Memilih ukuran tablet apakah 7, 8 atau 10 inch akan menjadi tambahan bawaan yang harus dipikirkan orang tua. Bukan tidak mungkin anak-anak menginginkan tablet itu ada bersamanya ketika berpergian. Penggunaan layar 7 atau 8 inch akan lebih mudah di bawa dan fungsi tablet itu sama dengan ukuran yang lebih besar diatasnya. Anakpun mudah memakainya dimana saja. Berat tablet juga sangat berpengaruh, dengan ukuran sama bisa jadi tidak sama beratnya. Usahakan senyaman mungkin ditangan anak

Pengoperasian yang Mudah, Cepat dan nyaman

Secara umum Tablet menggunakan system operasi Android dimana pengoperasiannya sangat mudah. Minimal ketika anda mencoba pastikan kenyamanan ketika mengoperasikannya. Usahakan tablet yang dibeli menggunakan versi android terbaru yang sedang popular saat ini adalah Gingerbread 2.3 karena memiliki fitur andalan . meski saat ini  kenyataannya Android 4.0 ice cream sandwich Android 4.1 Jelly Bean masih dipakai dan menguasai market.

Banyak tablet China saat ini yang sudah menawarkan fitur Capasitive Touch dimana sensitivitas layar sangat terasa ketika disentuh. Ketika sapuan jari jari di layar sangat lambat respon sebaiknya pertimbangkan kembali membeli tablet itu begitupun kecepatannya ketika startup ataupun off.

Prossesor dengan kecepatan di bawah 1Ghz, akan membuat aplikasi tidak berjalan dengan baik sehingga butuh prossesor besar untuk lancar menggunakannya. Dan pastikan untuk RAM minimal 1 GB. Biasanya tablet dibawah 1 jutaan rata-rata menggunakan RAM 512.

Keberadaan Service Center

Mall IT didalamnya pasti ada Gerai Service Center. Tidak ada satu Brand-pun yang tidak mempunyai service center sehingga pembeli tidak akan ragu kemana garansi servicenya ketika barang itu rusak.

1379065661316490589
1379065661316490589
Ketika membeli Tablet penting ditanyakan adalah ketika rusak berapa lama garansi service-nya 1 tahun 2 tahun 3 tahun, apa saja yang ditanggung oleh service center dan apa saja yang perlu dibawa pada saat datang ke service center, biasanya ada beberapa service center yang harus menyertakan nota pembelian bukan hanya kartu garansi jadi nota pembelian harus tersimpan rapi beserta kartu garansinya, dimana saja alamat service centernya usahakan Tanya yang paling dekat dengan tempat tinggal sehingga apabila ada kerusakan tidak perlu repot dan terlalu jauh kesana.

Terlepas dari semua Hal diatas ini adalah Broadcast Message saya kepada beberapa teman pemegang merk Tablet yang berkenan menjawab dengan pertanyaan sama yang saya bagi buat semua:

“Bos, Bantu Saya mencari Tablet yang Murah, Bagus dan Nggak Rewel buat anak-anak”

Jawaban mereka  yang pasti jawaban pertama adalah Buat Anaknya Ibu ya?? Kenapa itu muncul karena pertemanan dan di Bisnis IT spesifikasi harga itu berbeda-beda ditingkat Vendor, Distributor, Master Dealer dan terakhir di Toko-Toko tempat memasarkan, kebetulan saya sedikit mengenal mereka di semua tingkatan. Ini adalah beberapa type yang direferensikan buat anak saya  beserta the Best price nya :

Treq                 : Basic 2/3 wi-fi Rp. 665.000/ Rp. 765.000; 3G Basic II Rp. 1.125.000; 3G Xtra Rp.1.300.000

Tabulet            : Z10 wi-fi Rp. 675.000; Troy Duos S Rp. 1.450.000

Pixcom            : Pixcom Eco wi-fi  Rp. 650.000

Advan              : T2b wi-fi Rp. 700.000; T1E 3G Rp. 1.250.000

Beyond            : Newbtab wi-fi Rp. 645.000; Btab 2 3G Rp. 950.000

Lenovo             : a1000 Rp. 1.275.000

Movimax         : P1 lite wi-fi Rp. 669.000, P9 pegasus 3G Rp. 1.200.000

Cyrus                : Cyrus Atom PAD 2 wifi Rp. 675.000; Atom action 3G Rp. 1.150.000

Axioo               : GGA wifi Rp. 900.000; GGG 3G Rp. 1.500.000

1379063957334686857
1379063957334686857
masih banyak merk Tablet yang lainnya pemegang brand terkenal seperti Apple,  Samsung, Asus, Acer, Lenovo dan lainnya tetapi saat ini itu bukan termasuk pilihan teman-teman saya karena mereka memang cari yang bener-bener murah dan sesuai kebutuhan anak.

Hasil Berburu Tablet Hari ini.............................................

Pak Sopir membelikan putrinya kelas 5 SD Treq Turbo A20c 8 gb Rp. 975.000  meski Bapaknya nambah 300 ribu lebih dari Budget yang ditetapkan awal Rp. 600.000

Pak Dokter membelikan putranya kelas TK A Advan T2b wi-fi Rp. 700.000 dan putrinya kelas 2 SD Treq 3G Xtra Rp.1.300.000

Bukan karena Harganya, Tapi karena kebutuhannya dan semua puas dengan pilihannya masing-masing.....Selamat Berburu Tablet ^_^

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun