Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
TK PKK GUNUNGGEDE 02
Lingkup Pendidikan
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan kemampuan anak dalam membedakan beberapa konsep lambang bilangan tertentu yaitu 3, 6, dan 9
Penulis
Siti Anifatul Zahrok, S.Pd
Tanggal
14 Oktober 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Pada lembaga pendidikan TK PKK Gununggede 02 tepatnya di Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar tempat saya mengabdi, pada kelompok A masih terdapat 8 dari 12 peserta didik yang belum mampu membedakan konsep lambang bilangan tertentu yaitu, 3, 6, dan 9. Hal ini terlihat ketika kegiatan tanya jawab dan menulis diudara saat anak diminta menunjukkan konsep jumlah dan lambang bilangannya anak masih sering tertukar antara angka 6 dan 9, sedangkan utuk angka 3 anak seringkali tidak dapat menunjukkan angkanya dengan tepat.Â
Berdasarkan masalah diatas, saya menggali akar masalah yang menjadi penyebabnya. Beberapa akar penyebab maslahnya yaitu belum diterapkannya metode pembelajaran yang menyenangkan dan media pembelajaran yang inovativ, sehingga sebagai guru kelas saya memiliki peran dan tanggng jawab penuh atas perkembangan kemampuan peserta didiknya.Â
Maka praktik ini sangatlah penting dilaksanakan pada kelompok A guna untuk menstmulasi perkembangan kognitif anak terutama dalam kemampuan membedakan beberapa konsep lambang bilangan, diharapkan dengan dibagikannya praktik ini dapat dijadikan fasilitator untuk menyelesaikan masalah yang terjadi bagi saya sendiri dan bagi guru lain.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Terdapat beberapa tantangan untuk mencapai tujuan yang ada pada kel A yaitu anak-anak terlihat tidak tertarik saat kegiatan mengenal konsep lambang bilangan, anak-anak asyik bercerita sendiri dengan teman-temannya, dan merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran yang selalu menggunakan media LKA dan majalah tematik. Dalam kegiatan praktik pembelajaran ini yang terlibat adalah anak-anak kelompok A pada TK PKK Gununggede 02 dan saya sendiri sebagai guru, kepala sekolah, teman sejawat dan orang tua/wali murid.
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang saya lakukan untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut adalah membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tema pada hari itu, karena tema hari itu adalah tanaman maka saya menghadirkan media konkret yaitu kacang panjang, dan agar anak-anak lebih tertarik dengan kegiatan pengenalan konsep lambang bilangan saya membuat media bermain PAPAN MEJOBOTAR (menjodohkan botol pintar) dengan kegiatan menghitung kacang panjang dan menjodohkan dengan stik angkanya yang sesuai, kemudian anak-anak saya ajak untuk bermain playdough membentuk angka 3, 6, dan 9.Â
Saya juga mengajak anak-anak melihat video melalui leptop sehingga anak-anak lebih semangat dengan kegaiatan pada hari itu. Saya menggunakan strategi PBL (problem Based Learning) yakni strategi pembelajaran berbasis masalah, dimana saya melakukan pengamatan pada kelas dan menggali masalah pembelajaran yang ada dikelas sehingga saya bisa membuat media papan mejobotar dan menerapkan metode pembelajaran bermain.
Proses dalam mengenalkan konsep lambang bilangan tertentu yaitu 3, 6 dan 9 saya mengajak anak-anak untuk belajar sambil bermain disesuaikan dengan RPPH yang saya buat. Sumber daya yang diperlukan dalam proses ini yakni media papan mejobotar, RPPH dan seluruh anak-anak kelompok A.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi yang saya lakukan sesuai langkah-langkah diatas tersebut dapat mengatasi masalah yang tejadi pada kelas saya. Hal ini terlihat, dari 8 peserta didik yang belum mengenal konsep lambang bilangan tertentu yakni, 3, 6 dan 9 hanya 1 peserta didik yang masih bingung membedakan angka 6 dan 9 ketika kegiatan menulis angka.Â
Sedangkan 7 lainnya dalam kegiatan membuat angka menggunakan playdough anak-anak sudah bisa membedakan konsep lambang bilangan 3, 6 dan 9. Juga saat kegiatan tanya jawab anak-anak berebut untuk menjawab dan menunjukkan angka yang saya tanyakan. Hasil dari penerapan metode bermain menggunakan media papan mejobotar (menjodohkan botol pintar) efektif diberikan pada anak usia 4-5 tahun, karena dengan kegiatan bermain anak-anak akan mendapatkan pengalamannya secara tidak langsung, dan dalam media yang saya buat menggunakan bahan yang aman bagi anak, berwarna menarik, juga menghadirkan benda konkret yaitu kacang panjang sebagai pendukungnya.Â
Sehingga anak-anak bisa bereksplorasi secara langsung dalam proses pembelajaran. Terdapat respon positif dari orag tua, yaitu oarng tua mau untuk diajak bekerjasama dengan membiarkan anak-anak belajar secara mandiri bersama guru tanpa harus ditunggu didalam kelas. Orang tua sudah mau meberi kepercayaan pada anaknya supaya lebih mandiri. Yang menjadi faktor keberhasilan dari strategi ini yaitu pemiihan metode pembelajran yang tepat, media bermain yang menyenangkan.Â
Dan yang menjadi faktor utama yakni masukan-masukan dari hasil wawancara bersama para pakar, teman sejawat, kepala sekolah dan orang tua, tak lupa juga karena beberapa kajian literatur yang didapat oleh saya sehingga menghasilkan ide dan pilihan yang tepat utuk mengatasi permasalahan yang ada dikelas saya.
Dari keseluruhan proses yang telah saya lalui, untuk meningkatkan kemampuan anak khususnya dalam mengenal konsep lambang bilangan tertentu yaitu 3, 6, dan 9 sangat diperlukan metode yang tepat dan media permainan yang bervariasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H