Mohon tunggu...
Anidya Herniati
Anidya Herniati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas PGRI Yogyakarta

Saya merupakan mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 tahun 2024 di Universitas Ahmad Dahlan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Topik 2 Koneksi Antar Materi Pembelajaran Berdiferensiasi

9 Februari 2024   11:30 Diperbarui: 9 Februari 2024   11:35 1939
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Topik 2 Koneksi Antar Materi Pembelajaran Berdiferensiasi

 1. Pengetahuan baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari topik ini? 

Dalam topik ini saya mendapatkan ilmu terkait berbagai macam diferensiasi dalam pembelajaran. Diferensiasi dibagi menjadi empat yaitu diferensiasi produk, diferensiasi proses, diferensiasi konten, dan diferensiasi lingkungan belajar. 

  • Diferensiasi konten. Diferensiasi konten berkaitan dengan perbedaan bahan ajar materi yang diajarkan kepada peserta didik sebagai tanggapan dari kesiapan belajar, minat, dan profil belajarnya (visual, audio, audio visual, kinestetik) atau bahkan bisa kombinasi dari ketiganya. 
  • Diferensiasi produk. Diferensiasi pada produk berupa variasi hasil dari tugas pembelajaran, atau variasi untuk penilaian hasil belajar peserta didik. Tugas dan penilaian untuk masing-masing peserta didik dibuat beragam namun masih tetap mengacu pada tujuan pembelajaran yang sama. 
  • Diferensiasi proses. Diferensiasi proses berkaitan dengan perbedaan proses pembelajaran dengan memvariasikan waktu, mengembangkan kegiatan bervariasi, dan menggunakan pengelompokan sesuai level kemampuan peserta didik. 
  • Diferensiasi lingkungan belajar. Diferensiasi lingkungan belajar yaitu memberikan variasi tempat belajar peserta didik. Misalnya pembelajaran di lakukan di taman, di perpustakaan, dan perubahan letak tempat duduk di kelas. 

2. Bagaimana pengetahuan baru tersebut berkontribusi terhadap pemahaman tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi?

 Dengan pengetahuan baru mengenai berbagai macam diferensiasi tersebut saya sekarang dapat memahami terkait diferensiasi lebih dalam. Ternyata diferensiasi tidak hanya tentang membedakan peserta didik, namun juga ternyata terkait bahan ajar, produk yang dihasilkan, proses belajar, dan bagaimana lingkungan peserta didik dalam pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi benar-benar berpihak kepada peserta didik karena segalanya menyesuaikan dengan kebutuhan dan level kemampuan peserta didik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun