Mohon tunggu...
Anida Diana
Anida Diana Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi ilmu komunikasi

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Diary

Kenalan dan Share Pengalaman Kamu dengan Sosial Media Yuk!

6 Mei 2021   00:00 Diperbarui: 6 Mei 2021   00:01 367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Kenalan dan share pengalaman kamu sama media sosial yuk!

Holla!

Ketemu lagi nih sama aku, Anida. Setelah kemarin aku berbagi pengalaman ku menggunakan media konvensional, new media dan konvergensi media kali ini aku bakal share pengalaman aku menggunakan media sosial.

Di jaman sekarang sudah banyak orang yang menggunakan media sosial, baik orang dewasa maupun anak - anak. Media sosial bisa kita gunakan untuk bersenang - senang maupun berbisnis. Tentunya kalian juga pernah menggunakan mesia sosial kan? Kalian pastinya udah tau dong apa itu media sosial?

Menurut wikipedia Media sosial adalah sebuah media daring yang di gunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa di batasi oleh ruang dan waktu.

Seperti kita tahu, kalau media sosial memiliki banyak macam dan fungsinya. Media sosial apa aja nih yang pernah kaliah pakai?

Kalau aku... Aku pernah menggunakan Facebook, Instagram, Email, whatsapp, twitter, dan masih banyak lagi. Tapi kali ini aku akan berbagi pengalaman menggunakan media sosial yang aku sebutkan tadi.

Media sosial Facebook. Pertama kali menggunakan Facebook saat itu aku masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama atau SMP. Aku menggunakan facebook kala itu hanya untuk senang - senang saja selain itu hampir semua teman sekolah ku menggunakan facebook juga karena pada saat itu facebook adalah media sosial yang paling  di minati oleh sebagian banyak orang. Selain digunakan untuk bertukar kabar dengan teman, kala itu aku menggunakan facebook untuk membaca cerita bersambung (Cerbung) dan bermain game. Jaman menggunakan Facebook ini sering aku katankan sebagai jamannya aku alay hehe. Karena pada saat itu, hampir segala sesuatu yang aku alami aku posting ke akun Facebook milik ku. Biasalah, kelakuan anak baru gede atau  ABG labil kala itu kan kebanyakan seperti itu.

Lain cerita pengalaman ku menggunakan email. Dulu, ketika membuat facebook entah sudah berapa kali aku membuat email. Karena pada saat itu aku sangat mudah melupakan email dan kata sandi yang aku pakai. Namun, ketika SMA aku membuat email kembali dengan harapan email ini akan bertahan lama dan menjadi email terakhir karena saat itu aku mulai menyadari jika email itu penting untuk segala kepentingan kedepan. Apalagi sekarang saat status ku menjadi salah satu mahasiswi di Universitas Ahmad Dahlan, aku sangat mebutuhkan email untuk mengirim tugas -- tugas ku kepada dosen.

Semakin berkembangnya jaman, muncul beberapa media sosial yang tidak kalah menyenangkan dari media sosial yang sebelumnya. Seperti halnya whatsapp. Media sosial yang satu ini sangat banyak di minati oleh masyarakat karena whatsapp memudahkan kita untuk bertukar kabar dengan teman, keluarga atau kerabat melalui pesan teks, telpon bahkan video call. selain itu Whatsapp juga memiliki biaya murah. Whatsapp juga menjadi salah satu alternatif yang bisa di gunakan untuk tempat berdiskusi dengan teman dan dosen ketika kita tidak melakukan perkuliahan secara tatap muka virtual melalui zoom atau google meet. Sebelum aku menggunakan whatsaapp sebagai aplikasi bertukar kabar, aku juga pernah menggunakan aplikasi BBM atau Blackberry messenger. Bila menggunakan whatsapp kita hanya memerlukan nomor telpon untuk bisa saling berkontak, lain halnya dengan blackberry messenger yang memerlukan pin setiap pengguna agar bisa saling berkontak. Pada awalnya blackberry messenger hanya bisa di akses oleh pengguna perangkat blackberry saja, namun dengan seiring perkembangan jaman, kala itu blackberry juga bisa di akses oleh para pengguna smartphone lainnya.

Aplikasi media sosial selanjutnya adalah intagram atau IG. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi photo  dan video. Instagram dapat di gunakan di Iphone, iPad, android. Aplikasi instagram ini dapat kita unduh melalui app store atau google play store. Banyak fitur -- fitur yang terdapat dalam instagram seperti, followers atau pengikut, menggunggah foto atau video, filter atau efek foto, caption, insta story, direct message dan masih banyak lagi. Aku menggunakan instagram hanya untuk hiburan semata dan alat komunikasi dengan teman teman semasa sekolah ku dulu yang tidak berkontak dengan ku di aplikasi whatsapp. Biasanya aku membuka aplikasi instagram hanya ketika aku bosan. Jika orang -- orang menjadi pengguna aktif media sosial instagram, maka aku bisa dikatakan sebagai pengguna pasif. Karena aku tidak pernah mengunggah foto maupun video dalam feed akun instagram ku paling aku upload di insta story saja dan itu pun jarang sekali aku lakukan. Aku mebuka instagram hanya mencari hiburan dengan melihat -- lihat insta story para influencer, teman -- teman ku atau akun yang aku ikuti lainnya. Selain untuk hiburan, aku juga pernah menggunakan instagram untuk melakukan transaksi pembelanjaan. Oh ya.. aku kuarang terlalu suka dengan instagram karena mengakses instagram sangat boros kuota hehe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun