Mohon tunggu...
Aniatus Sofiyah
Aniatus Sofiyah Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswi IAIN Jember

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam A1

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Mengenal Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme Beserta Tokohnya

6 Mei 2020   18:05 Diperbarui: 14 Juni 2021   15:51 5024
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengenal Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme Beserta Tokohnya (unsplash/freestocks)

Hai semua:) pada artikel ini kita akan belajar tentang salah satu aliran dalam filsafat pendidikan yaitu aliran progresivisme, okey langsung saja.

Apa sih Pengertian Progresivisme dan Progresivisme dalam Pendidikan itu?

Progresivisme berasal dari kata progres artinya kemajuan, dan Progresivisme ini diarikan sebagai salah satu aliran yang memiliki tujuan untuk mencapai kemajuan yang sifatnya cepat. 

Dan progresivisme ini juga seringkali dikaitkan dengan istilah progres yang diartikan sebagai suatu aliran yang menginginkan suatu kemajuan yang nantinya diharapkan dapat menghasilkan perubahan. Progresivisme ini tergolong aliran di filsafat pendidikan modern. 

Dalam dunia pendidikan Progresivisme mengartikan pendidikan bukan hanya kegiatan untuk memberikan suatu pengetahuan kepada peserta didik tetapi juga lebih kepada penekanan aktivitas yang mengarah untuk melatih kemampuan peserta didik secara menyeluruh.

Baca juga : Memaknai Filsafat Pendidikan pada Aliran Filsafat Progresivisme untuk Menuju ke Arah Positif

Sehingga diharapkan peserta didik dapat memiliki cara berpikir yang sistematis melalui cara ilmiah misalnya dengan memberikan data empiris, informasi teoritis, memberikan analisis pertimbangan, dan membuat kesimpulan untuk membuat cara alternatif guna memecahkan suatu permasalahn yang dihadapi.

Selanjutnya yaitu Pandangan Progresivisme dalam Pendidikan yang meliputi:

1. Pandanan terhadap pendidik dan anak didik

Menurut aliran ini setiap individu dalam hal ini peserta didik pastilah memiliki akal pikiran dan kecerdasan yang membedakannya dengan makhluk lain. 

Kecerdasan ini perlu untuk dioptimalkan atau dikembangakan, dalam hal ini setiap peserta didik diberikan kebebasan dan kesempatan ssebanyak-banyaknya untuk mengambil setiap kejadian dilingkungan sekitarnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun