Mohon tunggu...
Ani Suryani
Ani Suryani Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Kumpulan Karya: https://linktr.ee/Yutanis Halo, saya suka menulis untuk hidup, saya suka membaca untuk menambah pengalaman hidup saya. Suka belajar hal baru, menulis puisi, menulis artikel, menulis novel di platform online, dan mengisi hari-hari dengan kebahagiaan.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Mengenal Garam Masala

2 November 2023   09:50 Diperbarui: 2 November 2023   10:12 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengenal Garam Masala (sumber: gambar bebas copyright/pixabay.com) 

Mengenal garam masala, saya akhir-akhir ini sedang menonton kontes memasak di salah satu stasiun televisi. Seperti halnya kontes memasak, para pesertanya pasti diwajibkan untuk memasak. Setiap minggunya saya ikuti dan ada satu bumbu yang membuat saya penasaran yaitu garam masala. 

Saya sering sekali mendengar peserta kontes memakai garam masala ini. Jadilah saya mencari tau, saya kira garam masala itu sama seperti garam biasa ataupun garam Himalaya, ternyata jauh berbeda sekali. 

Lalu apa itu garam masala? Yuk, simak hasil dari belajar saya. 

1. Sejarah garam masala

Garam masala ini apa sih? Garam masala adalah bumbu masak yang berbentuk serbuk yang diperoleh dari campuran rempah-rempah yang dihaluskan. Garam masala itu populer di India dan Asia Selatan karena memang dari sanalah awal sejarah garam masala ditemukan.

Rempah-rempah di India sangat melimpah, hal itu juga menjadi sumber dagang utama di wilayah India pada masanya. Garam masala menjadi salah satu bentuk melestarikan rempah-rempah, kemudian berkembang hingga saat ini. Garam masala menjadi salah satu bumbu wajib dalam masakan India. 

Pernahkah kalian membuat garam masala dan menggunakannya? Atau malah baru tau juga sama seperti saya? Sudah, tak perlu khawatir sini saya kasih tau cara membuat garam masala. Yuk, mari lanjut! 

2. Rempah-rempah untuk membuat garam masala

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, garam masala terbuat dari rempah-rempah, maka bahan utama untuk membuat garam masala tentunya rempah-rempah. Lalu apa saja rempah-rempah yang digunakan? Yuk, kita ulas sama-sama. 

Pertama, saya melihat cara membuat garam masala dari VIDEO INI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun