Sebuah situs yang bagus adalah situs yang bermanfaat bagi para pembacanya, menarik serta mampu memberikan informasi yang dicari oleh para pengunjungnya. Didalam dunia internet para pemakai internet sekarang tentu mengandalkan hasil pencarian dari sebuah mesin pencari contohnya google dan yahoo, dan seiring dengan ketatnya persaingan di internet sebuah web yang bagus, menarik akan percuma jika tidak dapat ditemukan oleh para pengunjungnya. Maka dari itu diperlukan lah beberapa teknik Optimasi SEO agar sebuah situs dapat tampil di halaman awal sebuah mesin pencari.
Pada awalnya hasil pencarian di mesin pencari hanya berdasarkan ” meta tag ” atau ” keyword ” yang ditentukan oleh para webmaster sebuah situs, dari situ mesin pencari kemudian mengelompokan atau mengurutkan posisinya dihasil pencarian mereka, dahulu dengan memanipulasi ” meta tag ” atau memperbanyak keyword walaupun tidak sesuai dengan isi konten bisa mendongkrak posisi sebuah web di situs pencari tetapi teknik tersebut sudah tidak bisa lagi digunakan. Setelah itu lalu muncul namanya ” Page Rank “, semakin tinggi page rank semakin mudah juga sebuah situs mendapatkan posisi yang baik. Dan untuk saat ini faktor yang menjadi penentuan posisi di sebuah mesin pencari dengan kata kunci tertentu semakin rumit dan susah, contohnya Google dan Yahoo dua mesin pencari yang paling terkenal, mereka dalam menentukan posisi SERP sangat bertolak belakang sekali. Untuk saat ini Google lebih mengutamakan kualitas konten serta penerapan SEO on Page dalam menentukan posisi sedangkan Yahoo masih mengutamakan jumlah link / tautan yang dihasilkan dari sebuah konten serta penerapan SEO Off Page.
Tiap search engine tentu memiliki cara dan teknik yang berbeda-beda tergantung kebijakan mereka masing-masing. Untuk mempelajari SEO bisa dibilang sangat susah, butuh waktu serta pembuktian yang agak lama, ibarat sebuah ilmu, seo adalah ilmu yang tidak pasti, tidak bisa dihitung dengan pasti dan hasilnya pun tidak bisa ditebak, walaupun kita menerapkan teknik seo yang sama tetapi hasilnya bisa berbeda.
Untuk sebuah situs pribadi mungkin tidak menjadi masalah jika situs mereka muncul di halaman bawah tetapi untuk situs yang bertujuan untuk bisnis dan promosi tidak mendapat posisi SERP yang baik di mesin pencari adalah sebuah kerugian yang sangat besar. Mesin pencari bisa di ibaratkan sebuah pasar yang potensial untuk mendatangkan pengunjung dengan datangnya pengunjung diharapkan tingkat penjualan juga bisa meningkat, sebab jarang sekali kita akan membuka halaman dari hasil pencarian sebuah keyword sampai halaman diatas 3.
Lalu bagaimana jika posisi SERP situs kita tidak begitu baik ? jangan langsung berputus asa sebab masih banyak cara lain yang bisa kita lakukan. Karena internet ibaratnya sebuah dunia yang sangat luas jadi pengunjung tidak hanya berasal dari search engine saja. Saat ini Jejaring Sosial adalah salah satu alternatif yang terbaik kenapa tidak ? karena didalam Jejaring Sosial kita bisa menentukan sendiri segmen pasar dari situs kita, contohnya kita memiliki situs yang menjual busana wanita tentu saja didalam jejaring sosial kita lebih mengutamakan menambah teman wanita dibanding pria. Jejaring sosial yang paling umum dan sudah sangat familiar dengan kita adalah Facebook dan Twitter. Dari dua jejaring sosial ini saja kita bisa mendapatkan banyak pengunjung.
Keuntungan kita melakukan optimasi situs kita pada sebuah jejaring sosial adalah :
- Kita bisa menentukan sendiri target pasar yang kita inginkan, tentu saja ini sesuai dengan isi dari situs kita.
- Kita bisa menentukan lokasi pasar yang kita inginkan karena setiap orang dalam jejaring sosial pasti menampilkan domisili dimana mereka tinggal.
- Promosi bisa kita lakukan berkali – kali, dimana saja dan kapan saja.
- Penggunaan Jejaring Sosial yang mudah menjadi nilai lebih bila dibandingkan dengan SEO.