Dampak game online di kalangan mahasiswa dapat memberikan dampak positif dan negatif, dampak ini timbul karena sejumlah faktor baik itu antara individu, game online itu sendiri, ataupun lingkungan sekitarnya. Â Game Online adalah suatu jenis permainan yang melibatkan banyak pemain sekaligus dengan menggunakan fasilitas LAN (Local Area Network) maupun Internet.
Menurut pendapat Samuel (2010:7) game online adalah permainan dengan jaringan, di mana interaksi antara satu orang dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan, melaksanakan misi, dan meraih nilai tertinggi dalam dunia virtual. Jadi game online adalah suatu permainan yang menggunakan fasilitas LAN dan dilakukan secara online (melalui internet) dan bisa dimainkan oleh banyak orang secara bersamaan dalam satu waktu.
Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas game online makin bertambah ke berbagai lapisan masyarakat, termasuk mahasiswa. Meskipun memberikan pengalaman hiburan yang menyenangkan, kehadiran game online juga membawa dampak yang signifikan terhadap kehidupan mahasiswa.
Banyak mahasiswa yang bermain game online dengan alasan yang berbeda beda, Menurut pendapat Hanni dan Budhi (2015:36) ada tiga alasan menggunakan internet yaitu memberikan kesenangan dan tantangan, menghilangkan stres, dan mengisi waktu luang. Bagi seorang mahasiswa bermain game online adalah hal yang sangat seru dan menyenangkan karena tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk memainkannya cukup duduk santai ditempat sambil memainakan suatu permainan.
Dampak positif yang dapat diambil dari game online yaitu :
- Membantu perkembangan koordinasi tangan-mata, motorik, dan kemampuan spesial;
- Meningkatkan kemampuan membuat analisis, keputusan yang cepat, dan berpikir secara mendalam;
- Melatih konsentrasi dan ketekunan;
- Rekreasi hiburan santai sejenak ;
- Menumbuhkan sikap pantang menyerah ; dan
- Menciptakan komunitas sosial yang kuat di antara pemain
Dengan memahami waktu dalam penggunaan game online secara seimbang, pemain dapat maksimalkan manfaat positif ini, sambil menjaga keseimbangan dengan aspek lain dalam kehidupan mereka.
Dampak negatif yang di timbulkan dari game online, yaitu :
- Membuang waktu dengan sia-sia dan kehilangan waktu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, lebih memilih bermain game daripada bermain dengan teman ;
- Menjadi pemalas dan gaya hidup tidak sehat, akibat bisa dimainkan dengan duduk santai ;
- Konsentrasi dan produktivitas belajar terganggu karena pikiran cenderung mengarah pada game online ;
- Sering melalaikan tugas dan tanggung jawab ;
- Prestasi yang menurun ;
- Berbohong soal berapa lama waktu yang sudah dihabiskan untuk bermain game online ;
- Merasa cemas dan mudah marah jika tidak bermain game online ;
- Kesehatan fisik dan mental terganggu (mata, saraf, otak) ; dan
- Terciptanya perilaku toxic (kata-kata kotor dan kasar).
Meskipun game online membawa manfaat, dalam penggunaan yang berlebihan atau tidak terkontrol dapat menimbulkan dampak negatif yang signifikan. Dengan menyadari dampak negatif ini, penting bagi para mahasiswa untuk mengelola waktu mereka dalam bermain game online dengan bijak, menjaga keseimbangan antara dunia game online dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.Penting untuk diingat bahwa dampak dari game online dapat bervariasi tergantung pada cara mereka berinteraksi dengan game online tersebut.Â
Adapun faktor yang memengaruhi dampak positif dan negatif ini adalah :
- Jumlah waktu yang dihabiskan untuk bermain game online ;
- Fitur dalam game, seperti hadiah, tantangan, dan tingkat kesulitan, dapat memengaruhi keterlibatan pemain ;
- Pemain lebih memilih berinteraksi sosial dalam dunia game daripada di dunia nyata, dapat menyebabkan isolasi sosial dan berdampak negatif ;
- Â Kondisi psikologi individu, seperti tingkat stres, kecemasan, atau kebosanan ;
- Tingkat dukungan sosial dan keadaan lingkungan.
Game online telah mengintegrasikan dirinya sebagai bagian dari kehidupan mahasiswa dalam era digital ini. Meskipun memberikan pengalaman hiburan yang menyenangkan, game online membawa dampak yang signifikan. Manajemen yang baik dalam penggunaan game online menjadi kunci penting. Kesadaran akan waktu yang dihabiskan, pemahaman terhadap preferensi sosial dan kondisi psikologis individu dapat membantu mahasiswa menjaga keseimbangan antara hiburan virtual dan tanggung jawab sehari-hari. Dukungan sosial dan lingkungan yang sehat juga memiliki peran dalam membantu mahasiswa mengelola dampak game online, memastikan pengalaman bermain yang seimbang dan bermanfaat dalam kehidupan mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H