Banyak sekali media pembelajaran yang sudah ditawarkan, khususnya media pembelajaran buat anak-anak. Lebih-lebih dengan perkembangan teknologi gadget saat ini, penyajian media pembelajaran buat anak-anak dengan multimedia menjadi booming. Ini tidak lepas dari jumlah anak-anak yang memakai teknologi gadget meningkat tajam dari waktu ke waktu sebagai akibat kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup di masyarakat. [caption id="attachment_293822" align="aligncenter" width="600" caption="Tiga orang mahasiswa mengenalkan aplikasi pembelajaran mengenal huruf dengan Augmented Reality buatan mereka"][/caption] Selama ini media pembelajaran mengandalkan animasi, video, grafik dan teks. Teknologi Augmented Reality menawarkan sebuah solusi dengan seolah-olah menghadirkan obyek 3D pada tempat yang disorot oleh kamera. Hal ini yang menjadi ide dasar dari tiga orang mahasiswa D3 Teknik Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya - Aditya Afgan, Qinaatum dan Hegy Febrianto - untuk membuat sebuah aplikasi pembelajaran mengenal huruf menggunakan teknologi Augmented Reality. Mengusung teknologi Augmented Reality, aplikasi yang bernama ARWrite ini bisa seolah-olah menghadirkan obyek 3D saat kamera smartphone diarahkan pada buku pembelajaran yang bergambar obyek-obyek yang mudah dikenali oleh anak-anak. Aplikasi ini terdiri dari dua modul yaitu buku mengenal huruf dan aplikasi yang dipasang di smartphone bersistem operasi Android. Buku yang dicetak dengan ukuran yang mini dan tampilan yang menarik. Buku ini mempunyai gambar marker pada setiap halamannya selain gambar dari obyek-obyek yang akan dikenali. Misalkan apel untuk huruf A. [caption id="attachment_293823" align="aligncenter" width="600" caption="Menghadirkan huruf D secara 3D saat smartphone diarahkan pada halaman yang bergambar "]
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H