JAKARTA - Tiga mahasiswi Universitas Mercu Buana (UMB) Fakultas Ilmu Komunikasi bidang studi Advertising & Marketing Communication telah menjalankan Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN) dengan melakukan pendampingan kepada "UMKM Chicken Pippop's".
Hal itu menjadi salah satu bentuk dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni "Pengabdian Kepada Masyarakat". Kegiatan ini dilakukan secara langsung dengan UMKM milik masyarakat yang diharapkan dapat membantu UMKM untuk mengembangkan usaha di era kemajuan digital saat ini.Â
Tiga Mahasiswa ini membentuk Tim TAPN "KARVALA" yaitu Anggun Sekar Suci sebagai (Strategic Planner), Eva Wani Annisa sebagai (Creative Director) dan Ashila sebagai (Media Planner), serta di dampingi oleh dosen pembimbing Bapak Dudi Harianto M,Si. dan Bapak Engga Probi Endri, MA.
"Chicken Pippop's" merupakan salah satu UMKM yang berlokasi di jalan prabu kian santang, Grand Duta Cluster Emerald Blok E3 No.29. kota Tangerang, kecamatan Periuk, Provinsi Banten. Chicken Pippop's memiliki variasi produk dan varian saus yang beraneka ragam mulai yang sayang untuk dilewatkan. UMKM ini telah dijalankan sejak tahun 2017, Namun, penjualan yang dilakukan masih bersifat word of mouth atau mulut ke mulut, dan kurang memanfaatkan media sosial untuk branding dan promosinya, sehingga kurang menjangkau customer luas, rata-rata customer yang membeli "Chicken Pippop's" berasal dari lingkungan sekitar outlet dan teman-teman pemilik usaha, sedangkan yang tinggal diluar wilayah outlet "Chicken Pippop's" belum banyak mengetahuinya.
Agar "UMKM Chicken Pippop's" dapat dikenal lebih luas, tim melakukan kegiatan branding dan promosi melalui media sosial agar kemudian dapat meningkatkan brand awareness dari "UMKM Chicken Pippop's", dengan Instagram yang sudah ada namun kurang aktifnya dalam pembuatan konten untuk branding dan promosi. Tim KARVALA  memutuskan untuk memanfaatkan Instagram sebagai sarana membangun kesadaran merek dan memberikan pengetahuan kepada UMKM mengenai strategi kegiatan promosi dengan menggunakan media online yang efektif untuk mengembangkan usaha hingga produk dapat lebih dikenal oleh khalayak luas.Â
Tentunya, dengan adanya pendampingan ini, owner sendiri yaitu Palupi merasa terbantu dan harapan owner kedepannya dapat melanjutkan apa yang sudah dijalankan oleh Tim KARVALA .
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H