Mohon tunggu...
Anggimaysa
Anggimaysa Mohon Tunggu... Mahasiswa - saat ini saya adalah mahasiswa semester 6 prodi psikologi islam di universitas negeri islam KH Achamd Siddiq jember

saat ini saya sebgai mahasiswa yang aktif dalam organisasi intra kampus, selain itu saya juga pernah magang di bio psikologi dan saat ini saya magang dengan posisi HR di ALS COurse. saya juga sudah pernah beberapa kali menghendel acara webinar di kampus saya dengan ini besar harapan saya untuk sekamin berkembang dan mengasah potensi dalam diri saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keputusan Konsumen

20 Februari 2023   19:25 Diperbarui: 20 Februari 2023   19:58 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kalian sadar gak sih !!!!

Sebagai penjual perilaku konsumen akan sangat berdampak pada kelangsungan usaha.

Ilmu tentang prilaku konsumen mempelajari tentang bagaimana individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli, memakai, dan memanfaakan jasa, barang, gagasan atau pengalaman guna memuaskan kebutuhan serta Hasrat dalam suatu barang maupun jasa. 

Sedangkan keputusan konsumen atau lebih dikenal dengan keputusan pembelian adalah kegiatan individu yang secara langsun terlibat dalam suatu pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk yang ditawarkan oleh penjual.

Menurut Kotler & Amstrong (2001) tahapan dalam proses pengambilan keputusan pembeli yang mana konsumen benar-benar membeli. Peter dan olson (2000) menerangkan keputusan pembelian ialah proses mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternative untuk memilih satu diantaranya. Schiffman dan kanuk (2000) menurut meraka keputusan pembelian adalah pemilihan akan suatu tindakan dari dua alternative atau lebih. Setiadi (2003) menjelaskan pengambilan keputusan yang diambil konsumen dapat disebut sebagai pemecahan masalah.

Dalam prosesnya konsumen memiliki sasaran atau perilaku mana yang ingin dilaksanakan untuk  mencapai suatu tujuan atau sasaran dengan hal ini dapat membantu dalam memecahkan masalah. Perlu kita telaah lebih lanjut dalam tahap pertama adalah pemahaman akan adanya masalah, yang kedua adalah evaluasi alternative yang ada dan tindakan yang paling sesuai dengan permasalahan atau yang dipilih, tahap selanjutnya jika konsumen sudah memilih barang atau produk maka konsumen akan melakukan evaluasi ulang mengenai keputusan yang telah di ambil. 

Menurut assauri (2004) keputusan pembelian adalah suatu proses pengambilan keputusan pemebelian yang mencakup penentu apa yang akan di beli dan apa yang tidak di beli dimana keputusan itu akan diperoleh dari kegiatan sebelumnya. Maka dapat disimpulkan keputuan konsumen adalah suatu proses akhir dimana konsumen memutuskan untuk membeli atau tidak membeli suatu produk dengan mempertimbangkan beberapa aspek penetu sebelumnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun