Mohon tunggu...
Anggrea Sabrinata Azzahra
Anggrea Sabrinata Azzahra Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Peradaban

Mahasiswa Universitas Peradaban

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Edukasi Penguatan Karakter Melalui Film Inspiratif di Kelas 4 SDN Pagojengan 03

25 Oktober 2024   16:55 Diperbarui: 25 Oktober 2024   17:00 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam era digital yang serba cepat ini, penguatan karakter menjadi salah satu aspek Buk penting dalam pendidikan anak-anak. Tim PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) yang menjalankan program kerja (proker) kemanusiaan di SDN Pagojengan 03 memilih cara yang unik dan menarik untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa, yaitu melalui edukasi berbasis film. Program ini ditujukan untuk siswa kelas 4, dengan harapan metode visual yang menarik ini dapat memperkuat moral dan perilaku positif sejak dini.

Mengapa Penguatan Karakter Penting dalam Pendidikan?

Pendidikan karakter merupakan fondasi penting yang membantu anak-anak dalam memahami nilai-nilai moral, etika, dan sosial yang akan menjadi pedoman hidup mereka di masa depan. Karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, kerja sama, dan empati adalah kualitas yang perlu dikembangkan sejak dini. Di tengah tantangan zaman yang semakin kompleks, pendidikan karakter membantu siswa untuk menghadapi berbagai situasi dengan sikap yang baik dan positif.

Selain itu, penguatan karakter di sekolah juga berfungsi sebagai upaya preventif terhadap perilaku negatif yang mungkin muncul akibat pengaruh lingkungan atau media. Oleh karena itu, pengenalan nilai-nilai ini melalui media yang disukai oleh anak-anak, seperti film, menjadi salah satu strategi yang efektif.

Tim PPL di SDN Pagojengan 03 memahami bahwa anak-anak usia SD sangat tertarik pada konten visual, khususnya film. Melalui program ini, film-film yang dipilih secara selektif menjadi sarana untuk menyampaikan pesan-pesan moral yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Berikut adalah tahapan dan kegiatan dalam pelaksanaan program ini:

Tim PPL 
Tim PPL 

1. Pemilihan Film yang Mendukung Penguatan Karakter

Film yang digunakan dalam kegiatan ini dipilih dengan cermat untuk memastikan bahwa pesan moralnya sesuai dengan usia anak-anak. Film-film animasi dengan tema persahabatan, kejujuran, kerja sama, dan tanggung jawab menjadi pilihan utama. Setiap film dipastikan mengandung pesan positif yang dapat diterima dengan baik oleh siswa kelas 4 SD.

2. Nonton Bareng (Nobar) dan Diskusi Film

Setelah pemilihan film, kegiatan dilanjutkan dengan sesi nonton bareng. Siswa dengan antusias menonton film bersama-sama di kelas. Setelah film selesai, diadakan diskusi interaktif di mana siswa diajak untuk mengungkapkan apa yang mereka pelajari dari film tersebut. Pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti, "Apa yang bisa kita pelajari dari tokoh utama?" atau "Apa yang seharusnya dilakukan oleh karakter ini dalam situasi tersebut?" diajukan untuk memancing pemahaman siswa mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam film.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun