Mohon tunggu...
KKN Unsika Desa Srijaya 2024
KKN Unsika Desa Srijaya 2024 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bergerak Bersama, Bersua Dalam Karya Nyata!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN Unsika Berdayakan UMKM Desa Srijaya Melalui Digitalisasi dan Branding

28 Juli 2024   07:00 Diperbarui: 28 Juli 2024   07:02 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KKN Unsika Desa Srijaya 2024

Desa Srijaya, Karawang -- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu kontributor utama dalam perekonomian Indonesia, dengan menyumbang lebih dari 99% dari total unit usaha, UMKM berperan penting dalam menyerap tenaga kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, banyak UMKM di pedesaan, termasuk di Desa Srijaya, yang masih menghadapi kendala dalam hal branding dan digitalisasi.
Melihat potensi besar UMKM di Desa Srijaya, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) menginisiasi program pendampingan selama dua minggu, mulai dari 8 hingga 19 Juli 2024. Program ini bertujuan untuk memberdayakan para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) setempat agar dapat memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan usahanya.

"Kami ingin membantu UMKM di Desa Srijaya agar lebih dikenal dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas," ujar Anggraeni, ketua tim pendampingan KKN UNSIKA.

Mahasiswa KKN memberikan pelatihan intensif kepada tiga UKM terpilih selama dua minggu, yaitu Toko Buket Halimah, Peternakan Bebek H. Harja dan Tahu Walik Katenzo. Pelatihan meliputi pembuatan logo, pengelolaan media sosial, dan optimasi Google Maps.

KKN Unsika Desa Srijaya 2024
KKN Unsika Desa Srijaya 2024

"Saya bukan anak muda yang paham mengenai teknologi, kalau ada yang mau membantu usaha saya. Tentunya saya sangat senang dan berterima kasih" ungkap H. Harja, pemilik Peternakan Bebek H. Harja.

Pendampingan dan pelatihan branding dan digitalisasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM. Selain meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, kegiatan ini juga membantu meningkatkan omzet penjualan dan memperluas jangkauan pasar.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam mengembangkan UMKM berbasis digital," ujar Lilis, Kepala Desa Srijaya.

Kegiatan pendampingan dan pelatihan digitalitasi branding UMKM oleh mahasiswa KKN UNSIKA merupakan langkah nyata dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal. Melalui digitalisasi dan branding, UMKM di Desa Srijaya diharapkan dapat semakin berkembang dan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun