Dalam era digital yang semakin canggih, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi bagian dari kehidupan kita, termasuk di dunia pendidikan. AI tidak hanya mengubah cara kita mengakses informasi, tetapi juga mempengaruhi hubungan antara guru dan siswa. Jadi, penting banget nih buat para guru untuk paham dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk memanfaatkan teknologi ini dengan baik. Artikel ini akan menjelaskan kerangka kerja kompetensi AI untuk guru (judul asli: AI competency framework for teachers) yang diterbitkan oleh UNESCO ditahun 2024, yang memberikan panduan bagi pengembangan keterampilan ini di seluruh dunia.
Tujuan dan Audiens Kerangka Kerja Kompetensi AI
Kerangka kerja kompetensi AI ini dirancang untuk membantu guru memahami dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan di era AI. Target audiensnya adalah para pendidik yang perlu menerapkan AI dalam pengajaran mereka, serta pengembang program pelatihan guru di berbagai negara. Dengan adanya kerangka kerja ini, diharapkan guru bisa lebih siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh AI dalam pendidikan.
Kompetensi yang Didefinisikan
Kerangka kerja ini mengidentifikasi 15 kompetensi yang dibagi ke dalam lima dimensi utama:
- Mindset yang Berpusat pada Manusia: Memastikan bahwa penggunaan AI dalam pendidikan tetap fokus pada kebutuhan dan kesejahteraan siswa.
- Etika AI: Memahami dan menerapkan prinsip-prinsip etika dalam penggunaan AI, termasuk isu privasi dan bias.
- Dasar-dasar dan Aplikasi AI: Menguasai pengetahuan dasar tentang AI dan bagaimana teknologi ini dapat diterapkan dalam konteks pendidikan.
- Pedagogi AI: Mengembangkan strategi pengajaran yang mengintegrasikan AI untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa.
- AI untuk Pembelajaran Profesional: Menggunakan AI sebagai alat untuk pengembangan profesional dan pembelajaran berkelanjutan bagi guru.
Setiap dimensi ini punya peran penting dalam membekali guru dengan keterampilan yang diperlukan untuk mengajar di era AI.
Tiga Tingkatan Progresi
Kerangka kerja kompetensi ini juga mengategorikan keterampilan ke dalam tiga tingkatan progresi:
- Acquire (Memperoleh): Tingkat dasar di mana guru belajar tentang kompetensi AI yang esensial untuk mengevaluasi dan menggunakan alat AI dalam pendidikan.
- Deepen (Memperdalam): Tingkat menengah yang mencakup pengembangan strategi pedagogis yang lebih mendalam untuk mengintegrasikan AI secara efektif.
- Create (Menciptakan): Tingkat lanjutan yang menuntut guru untuk berinovasi dan menciptakan konfigurasi sistem AI yang baru dalam pendidikan.
Setiap tingkatan menunjukkan perkembangan keterampilan guru dalam penggunaan AI, dari pemahaman dasar hingga aplikasi yang lebih kompleks.
Konteks Global dan Kebutuhan Kerangka Kerja
Hingga tahun 2022, hanya tujuh negara yang telah mengembangkan kerangka kerja atau program AI untuk guru. Hal ini menunjukkan perlunya panduan yang lebih luas dan terstruktur untuk pendidikan global. Kerangka kerja kompetensi AI ini bertujuan untuk mengisi kekosongan tersebut dan memberikan referensi bagi negara-negara lain dalam mengembangkan program pelatihan yang relevan.
Dukungan Kebijakan untuk Implementasi
Pentingnya dukungan kebijakan tidak bisa diabaikan dalam implementasi kerangka kerja kompetensi AI. Banyak guru menghadapi hambatan akses dan keterjangkauan AI dalam pendidikan. Oleh karena itu, rekomendasi untuk kebijakan yang mendukung pengembangan kompetensi AI sangat diperlukan. Ini termasuk penyediaan sumber daya yang memadai dan pelatihan yang terjangkau bagi semua guru.
Strategi untuk Peningkatan Keterampilan Guru
Untuk membangun pengetahuan AI di kalangan guru, beberapa strategi dapat diterapkan:
- Pelatihan Berkelanjutan: Mengadakan program pelatihan yang berfokus pada keterampilan AI dan etika. Jadi, guru-guru bisa terus update dan tidak ketinggalan zaman.
- Kolaborasi: Mendorong kolaborasi antara guru untuk berbagi praktik terbaik dalam penggunaan AI. Karena dua kepala lebih baik daripada satu, kan?
- Sumber Daya Terbuka: Menyediakan akses ke sumber daya AI yang terpercaya dan terjangkau untuk semua guru. Agar tidak ada lagi alasan "nggak ada bahan" buat belajar AI.
Dengan menerapkan prinsip etika dalam penggunaan AI, guru dapat memastikan bahwa teknologi ini digunakan untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa dan mendukung pertumbuhan profesional mereka.
Kesimpulan
Kerangka kerja fkompetensi AI untuk guru yang dikembangkan oleh UNESCO merupakan langkah penting dalam mempersiapkan pendidik untuk menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh AI. Dengan memahami dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan, guru dapat berkontribusi pada pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Harapan untuk masa depan pendidikan adalah bahwa integrasi AI akan memberdayakan guru dan siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Oleh karena itu, semua pemangku kepentingan pendidikan diharapkan untuk mengambil tindakan dalam mendukung pengembangan kompetensi AI ini.
Referensi: UNESCO - AI competency framework for teachers
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H