Hallo semuanya! Hallo teman-teman pembaca setia! Bagaimana kabar teman-teman semua? Aku harap baik ya! Pada tulisan kali ini aku ingin membahas mengenai topik integrated marketing communications.Â
Namun sebelum lanjut, saya mohon izin memperkenalkan diri ya! Perkenalkan, saya Anggita Candra Adnaneswari, dengan NPM 20210110400172, saya merupakan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta.Â
Mari kita lanjut, sebelumnya teman-teman tahu ataupun pernah dengar tidak ya mengenai apa itu integrated marketing communication? atau yang biasa disebut dengan singkatan IMC. Jadi, integrated marketing communication atau IMC ialah sebuah ilmu yang mempelajari komunikasi pemasaran yang terintegrasi.Â
Definisi lebih mudahnya ialah gabungan ilmu atau pokok bahasan dalam melakukan komunikasi pemasaran. Mengapa dapat disebut sebagai gabungan pokok bahasan dari komunikasi pemasaran? Karena di dalamnya mempelajari banyak cara dan metode mengenai komunikasi dalam pemasaran itu sendiri.
Nah, di dalam integrated marketing communication terdapat banyak bahasan ilmu yang dapat dikaji. Berbagai perusahaan yang menghasilkan produk besar dan ternama terlihat memakai dan menerapkan ilmu integrated marketing communication ini.Â
Pada salah satu bahasan ilmu IMC yang membahas environmental marketing communications, dimana di dalamnya terdapat membahas green marketing yakni pemasaran yang memperhatikan lingkungan atau ikut serta peduli kepada lingkungan, diterapkan dan dipraktikkan pada produk apple iphone.Â
Hal itu dapat dilihat sejak tahun 2018 istilah 'green peel' digunakan oleh iphone dalam mengkampanyekan kemasan kotak box iphone tanpa menggunakan bahan plastik lagi. Bahan plastik yang sebelumnya digunakan sebagai kemasan pelindung terluar sekaligus segel kotak kini diganti oleh segel berbahan kertas kardus yang merupakan bagian dari box kardus, yang tertera di bagian belakang atas dan bawah box kardus.Â
Cara melepasnya pun cukup digeser sehingga cukup memudahkan apalagi sudah tidak memerlukan bantuan cutter atau silet dalam membukanya seperti ketika masih menggunakan bahan plastik.Â
Apabila ditarik sebuah tujuan dari tindakan perusahaan apple iphone tersebut, dapat dilihat bahwa perusahaan apple iphone berusaha menerapkan prinsip green marketing yakni pemasaran yang peduli pada lingkungan, peduli pada penghijauan dan peduli kepada alam yakni dengan kiat mengurangi sampah berbahan dasar plastik pada kemasan yang digunakan pada produknya.Â
Maka dalam hal ini, perusahaan apple iphone menaati etika pemasaran atau marketing ethic karena berhasil dan sukses menerapkan prinsip green marketing tersebut.
Kemudian selain bahasan ilmu mengenai etika pemasaran, dalam integrated marketing communication juga terdapat bahasan ilmu mengenai five key features yakni lima fitur kunci dari integrated marketing communication.Â