PT Tokopedia
URL: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tokopedia
Tipe: Perdagangan
Bersifat komersial?: Ya
Pendaftaran: Diperlukan untuk menjual atau membeli
Bahasa :Indonesia, Inggris
Pemilik: GoTo (25%), TikTok (75%)
Pembuat: William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison
Berdiri sejak: 17 Agustus 2009
Negara: Indonesia
Peringkat Alexa :144 (Dunia, September 2020), 8 (Indonesia, September 2020)
Status: Daring
Tokopedia adalah salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi digital negara. Tokopedia, salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia, menawarkan beragam produk mulai dari elektronik, pakaian, makanan, dan jasa. Dengan jangkauannya yang luas Tokopedia tetap menjadi pilihan utama penjual dan pembeli.
PT Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia. Hingga hari ini, Tokopedia tetap menjadi salah satu pasar yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Tokopedia juga mendukung  Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan individu untuk mengembangkan usahanya dengan memasarkan produknya secara online. Salah satu program kerja sama yang diluncurkan Tokopedia adalah acara tahunan MAKERFEST yang diselenggarakan sejak  Maret 2018.
Pada 17 Mei 2021, Tokopedia dan Gojek resmi mengumumkan telah merger dan mendirikan GoTo Group.Nama GoTo sendiri berasal dari singkatan Gojek dan Tokopedia, serta kata Gotong-royong, dengan misi  mendorong perubahan.
Tokopedia resmi diluncurkan ke publik pada tanggal 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009. Sejak resmi berdiri, PT Tokopedia telah mampu berkembang sangat pesat dan menjadi salah satu perusahaan Internet yang bergerak di bidang e-commerce di Indonesia.
Pada tahun 2016, Tokopedia meluncurkan produk teknologi finansial. Produk fintech Tokopedia meliputi dompet digital, investasi terjangkau, pinjaman usaha, kartu kredit virtual, produk perlindungan, produk pinjaman, investasi, dan database penilaian kredit untuk layanan keuangan lainnya.
Pada tahun 2017, Tokopedia meluncurkan produk Deals untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan penawaran terbaik di delapan kategori, termasuk perjalanan dan aktivitas. Produk ini bertujuan untuk membantu pebisnis offline memperluas kehadiran online mereka  melalui Tokopedia.
Pada tahun 2019, Tokopedia meluncurkan jaringan gudang pintar bernama TokoCabang di tiga kota: Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Layanan gudang ini dirancang untuk membantu  penjual marketplace  dalam memenuhi pesanan. Di tahun yang sama, Tokopedia juga meluncurkan Tokopedia Salam, sebuah platform yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbagai produk dan layanan unggulan. Tokopedia Salam juga memiliki fitur filter halal  yang memudahkan pengguna mencari produk halal.
Pada Maret 2022, layanan pemenuhan pesanan  Tokopedia yang dulu bernama TokoCabang berubah menjadi "Dilayani oleh Tokopedia". Ini adalah layanan yang mendukung bisnis penjual secara komprehensif. Layanan yang ditawarkan mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan hingga menangani (jika ada) masalah transaksi.
Pada bulan Maret 2023, Tokopedia mengumumkan  kepemimpinan baru, dengan Melissa Siska Juminto  memimpin Tokopedia sebagai Presiden Unit Bisnis E-Commerce serta Direktur/Chief Human Resources Officer GoTo. Sebelumnya, Melissa menjabat sebagai COO Tokopedia sejak  2018. Beliau bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2012 sebagai Manajer Akuntansi dan Keuangan dan telah membangun berbagai tim di Tokopedia. Sementara itu, William Tanuwijaya memutuskan untuk beralih dari peran kepemimpinannya di Tokopedia dan fokus di GoTo Group.