Mohon tunggu...
Anggita
Anggita Mohon Tunggu... -

Be curious, not judgmental. - Walt Whitman

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

8 Ciri Karyawan yang Bekerja Secara Efektif

21 Juli 2017   10:12 Diperbarui: 21 Juli 2017   10:32 5256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: http://www.pixabay.com

Kemampuan seorang karyawan tak dapat dinilai hanya dari resume atau pengalamannya saja. Keterangan yang tercantum di kertas tak bisa memberikan Anda gambaran sebenarnya mengenai kemampuan mereka dalam mengerjakan semua tugasnya.

Ada banyak aspek yang mempengaruhi karyawan untuk bisa bekerja secara maksimal dan efektif, seperti misalnya kebiasaan bekerja dan lingkungan kantor. Untuk melihat apakah karyawan Anda sudah bekerja secara efektif atau belum, perhatikan ciri-ciri mereka berikut ini:

1. Menghormati Perbedaan

Ada banyak perbedaan sifat dan cara bekerja antara rekan kerja, supervisor dan juga klien dalam dunia profesinal. Seorang karyawan yang bekerja secara efektif dan profesional mampu mengesampingkan semua perbedaan tersebut dan tetap menjalankan tugasnya dengan maksimal. Ia akan menghormati semua perbedaan yang ada antara satu sama lain dan tidak terpengaruh.

Sikap menghormati perbedaan dan sesama rekan kerja seperti ini menciptakan lingkungan yang positif dan harmonis. Ketika karyawan bekerja sama dalam lingkungan yang harmonis, maka perhatian atau fokus mereka tak akan teralihkan untuk hal yang tidak penting.

2. Memiliki Inisiatif

Individu yang benar-benar membuat perubahan dalam tim atau organisasi adalah mereka yang memiliki inisiatif dalam melakukan sesuatu demi kepentingan tim walaupun hal itu bisa jadi bukan tugas mereka.

Karyawan seperti ini tidak perlu menunggu perintah untuk melakukan sesuatu. Melainkan mereka mengambil inisiatif dan mengerjakan tugas untuk mencapai tujuan. Para manajer menyukai karyawan seperti ini karena bisa dipercaya mengerjakan tugas secara independen dan tak perlu harus selalu dimonitor.

3. Profesional Menjalankan Tanggung Jawab

Profesionalisme seseorang dalam bekerja tak dilihat dari pengalamannya, namun kepribadian orang tersebut. Cara seorang karyawan bersikap dalam bekerja akan menunjukkan sikap profesional mereka.

Apakah mereka selalu datang tepat waktu? Seperti apa cara berpakaian saat ke kantor? Apa mereka percaya diri ketika menyampaikan sesuatu? Atau seperti apa sikap mereka ketika meeting?

Menunjukkan sikap profesionalisme adalah hal yang terpenting dalam setiap perusahaan. Sikap profesionalisme berpengaruh pada reputasi, moral dan kesuksesan perusahaan.

4. Tidak Egois

Sangat mudah untuk membicarakan mengenai kehebatan dan kemampuan diri sendiri. Namun akan lebih hebat lagi jika seseorang mampu menceritakan mengenai keberhasilan dirinya bersama dengan tim ketika mengerjakan sesuatu.

Seorang karyawan yang baik tahu bagaimana cara untuk tidak bersikap egois dengan mengedepankan kepentingan perusahaan. Sikap ini sangat penting dimiliki oleh semua karyawan, khususnya oleh para manajer dan petinggi sebagai representasi perusahaan.

5. Memiliki Tekad Untuk Terus Berkembang

Setiap karyawan yang baik dan sukses pasti memiliki tekad untuk terus berkembang. Tidak hanya di bidang mereka, namun juga untuk memiliki kemampuan lainnya yang menunjang dan dibutuhkan perusahaan.

Orang seperti ini tidak pernah puas dan selalu mencari kesempatan baru bagi kemajuan tim. Selain itu, mereka juga menerima kritikan dan feedback dengan pikiran terbuka untuk belajar lebih banyak lagi.

6. Selalu Bertanggungjawab

Karyawan yang mampu bekerja secara efektif adalah mereka yang selalu bertanggungjawab pada setiap hal yang dilakukannya. Jika sekalipun mereka tidak mengerjakan tepat waktu misalnya, mereka akan melakukan sesuatu sebagai bentuk tanggung jawab dan tidak menyalahkan orang lain atau beralasan yang tidak masuk akal.

Sebagai contoh, ada tugas dalam tim yang belum selesai karena salah satu anggota tim bermasalah, maka orang yang bertanggungjawab akan berusaha menyelesaikannya dengan cara lain daripada hanya berdiam diri.

7. Terus Berpikiran Positif

Waktu bekerja yang panjang, tugas yang menumpuk dan banyaknya deadline bisa menyebabkan kondisi stress pada karyawan. Namun karyawan yang baik tidak akan terlalu terpengaruh dan akan terus berpikiran positif.

Orang yang negatif bisa dengan mudah terpengaruh dan tidak termotivasi dalam bekerja. Karyawan menciptakan nilai tersendiri ketika mereka menciptakan lingkungan (kerja) yang positif.

8. Tahu Kapan Waktu Untuk Menolak Atau Meminta Bantuan

Orang yang sukses mengerti limit atau batas diri mereka sendiri. Ketika mereka diminta untuk mengerjakan proyek tertentu mereka akan bersikap realistis mengenai kemampuan yang dimiliki. Ini berarti, mereka tidak takut mengatakan "tidak" untuk menolak tugas jika memang sudah terlalu banyak pekerjaan yang diembannya. Mereka melakukan hal ini demi kepentingan dan tujuan tim.

Kesimpulan:

Ketika melakukan wawancara dengan kandidat potensial, coba untuk fokus pada delapan ciri-ciri di atas. Kandidat karyawan dengan ciri-ciri tersebut merupakan aset berharga bagi kemajuan perusahaan Anda.

Sumber: 

Employee Success

Karyaone

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun