Mojokerto, Jawa Timur. Dan menjadi salah satu contoh nyata pada beberapa transformasi digitalisasi kegiatan usaha bisnis umkm di Waroeng Ndeso Bucan ini sendiri. Usaha umkm warung bucn ini sendiri terletak pada pojok dusun sumberwatu dengan memiliki beberapa spot tempat yang nyaman untuk disigahi beberapa calon customer dengan sebelah kiri, dan kanan langsung menghadap sawah yang langsung dekat melihat gunung arjuna maupun gunung penanggungan.
Pada era digital yang terus berkembang, ini dengan beberapa inovasi dalam dunia bisnis khususnya pada dunia pemasaran digital. Langkah tersebut dapat menjadi beberapa kunci yang paling utama untuk memenangkan persaingan pada era dunia bisnis digitalisasi ini sendiri. Pada study kasus ini saya mengambil objek lokasi pada Waroeng Ndeso Bucan. Waroeng Ndeso Bucan ini sendiri  terletak pada Dusun Sumberwatu, Desa Candiwatu, Kecamatan Pacet, KabupatenDan di Waroeng Ndeso Bucan ini sendiri tidak luput memiliki beberapa tempat yang cukup nyaman untuk dikunjungi dikarenakan disana memiliki beberapa tempat yang indah, asri, rindang dan sejuk, beserta beberapa menu yang cukup lezat untuk dipesan.  Melalui kerjasama dengan tim KKN Universitas 17 Agustus Surabaya sendiri, warung bucan ini berhasil menghadirkan berbagai inovasi dalam bidang digital marketing yang mengubah cara mereka berinteraksi dengan para pelanggan. Dengan beberapa perubahan yang dilakukan, dengan perubahannya yaitu pememasang beberapa bener baru dan memperkenalkan Waroeng Ndeso Bucan khususnya di media sosial ini sendiri, Waroeng Ndeso Bucan berhasil menciptakan suasana yang lebih menarik dan modern bagi pengunjungnya.
Tak hanya itu, dengan pembuatan akun TikTok sebagai alat media marketing ini sendiri warung bucan dapat berinteraksi maupun memperkenalkan tempat usaha umkm yang cukup estetika  dimedia sosial agar para calon customer maupun orang – orang dapat mengatahui warung yang sangat indah didusun sumberwatu itu sendiri dan konten kreatif yang disesuaikan dengan karakter warung. Dengan demikian mereka berhasil melakukan perluasan yang cukup jauh jangkauan pasarnya dan meningkatkan interaksi dengan para customer yang akan mengunjungi warung yang bagus di Dusun Sumberwatu ini sendiri.
Pelaksanaan pada kegiatan KKN Universitas 17 Agustus 1945 surabaya ini sendiri dilakukan dalam kurung waktu 2 minggu, 21 hari dimulai sejak 10 July sampai dengan 21 July. Selama 21 hari ini sendiri telah banyak beberapa aktivitas kegiatan yang telah dilakasanakan seperti pembuatan suatu karya desain dan pelatiahan bersama para mita pada program KKN. Pada hari jumat tanggal 12 july kita melakukan suatu koordinasi pelaksanan pada mitra, serta melakukan beberapa diskusi untuk menggali suatu permasalahan dan membuat cara solusi aga dapat tertangani dengan baik dan benar. Setelah mengetahui dan melakukan beberapa kegiatan diskusi dengan mitra, dilanjutkan dengan melaksanakan suatu program KKN, diantaranya kegiatan pembuatan desain, melakukan eksekusi pembuatan palang untuk program mitra, pembuatan akun media sosial, serta peltihan untuk mitra dala mengoprasikan pemasaran pada akun tiktok Warung Ndeso Bucan itu sendiri. Â
Dengan dilakukan pembuatan desain untuk usaha umkm warungbucan ini sendiri kita dan juga untuk mitra diharapkan para calon customer usaha umkm Warung Ndeso Bucan dapat dikenal lebih luas dan selagus dapat meningkatkan suatu pemasukan ekonomi menjadi lebih ramai dan maju untuk kedapanya.
Penulis : Anggini Milania Aranta
Sub kelompok 04 KKN Reguler Untag Surabaya Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H