Mohon tunggu...
Anggi Afriansyah
Anggi Afriansyah Mohon Tunggu... Penulis - Peneliti

Masih terus belajar. Silahkan kunjungi blog saya: http://anggiafriansyah.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Olahraga Keliling Kampung, Ikhtiar Hidup Sehat

23 Maret 2022   21:34 Diperbarui: 23 Maret 2022   21:55 333
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Beberapa minggu  lalu saya merasa hidup yang saya jalani sangat tidak sehat. Seringkali memang saya harus bergadang untuk menyelesaikan beberapa tulisan. 

Selama bekerja dari rumah saya merasa tidak terlalu bagus dalam manajemen waktu. Dan baru mendapatkan inspirasi yang bagus untuk menulis ketika malam hari. 

Jika sudah tidak bisa tidur di jam 23 malam, kemungkinan besar akan lewat sampai jam 2 dini hari. Memang tidak selalu untuk menyelesaikan tulisan. 

Ada kalanya, setelah beres menulis saya justru menonton Drama Korea atau film lain di Netflix, dan akhirnya bablas hingga pukul 2 dini hari bahkan beberapa kali sampai pukul 3. Padahal pagi-pagi saya harus bangun. Selain ibadah subuh juga membantu anak mempersiapkan sekolah. 

Meski sudah ada bibi yang membantu di rumah, ada momen di mana anak saya membutuhkan bantuan di kelas onlinenya. Kalau sudah beres, kalau ada waktu saya tidur kembali sebentar atau hanya duduk mengantuk dan mulai bekerja. 

Jenis pekerjaan saya memang memaksa diri untuk banyak duduk. Membaca dan menulis adalah dua jenis aktivitas yang memang membutuhkan ketekunan untuk duduk. Dan duduk, jika merujuk banyak riset, sangat berbahaya jika dilakukan terus menerus. 

Saya tahu bahwa di balik kebiasaan duduk terlalu lama mengintai berbagai penyakit jika tidak diimbangi dengan gerak yang memadai. Apalagi jika ditambah tidur yang kurang teratur. Untung saya tidak merokok atau mengkonsumsi minuman keras. Jika dua hal itu dilakukan tentu bahaya yang mengintai semakin banyak. 

Karena menyadari bahwa kondisi ini bukan hal yang bagus bagi tubuh juga pikiran, akhirnya ada momen refleksi. Saya sudah di tengah umur 30an. Anak saya masih kecil dan butuh dukungan. Kalau tubuh dan pikiran saya tidak sehat bagaimana ke depannya? 

Akhirnya, selama lima belas hari ini saya mencoba ikhtiar jalan kaki, bersepeda, atau lari tipis-tipis. Dari segi intensitas jika diurutkan: jalan kaki, bersepeda dan lari.  

Dilakukan kadang di pagi hari atau sore. Dilakukan sesempatnya saja. Awalnya dilakukan karena kerisauan mengenai pola hidup yang tidak sehat. Lama-lama ternyata terasa menyenangkan.

Apakah dengan rutin berolahraga berat badan saya turun? oh tentu tidak. Kisaran berat badan saya saat ini selalu di rentang 80-83. Kalau bangun pagi biasanya 80,60an. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun