RENCANA TINDAK LANJUT
Setelah peserta pelatihan dibekali pengetahuan dan ketrampilan, maka sessi akhir dalam pelatihan ini adalah menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL). Dalam penyusunan RTL disini seyogyanya diarahkan kepada pencapaian tujuan agar Quality Control  diterapkan pada setiap pelatihan yang telah terakreditasi. Hal ini merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan dalam menjamin mutu pelatihan. Karena RTL itu merupakan suatu perencanaan suatu kegiatan, maka kita mulai dengan pengertian perencanaan terlebih dahulu.
Perencanaan merupakan salah satu fungsi organik dari manajemen yang bertujuan untuk memecahkan masalah melalui suatu proses sistematis yang memiliki urutan logis dari langkah sebelumnya.
Oleh karena perencanaan adalah suatu proses pemecahan masalah, maka langkah awal dalam perencanaan adalah menguraikan masalah secara jelas, sedangkan langkah akhir adalah menghasilkan suatu dokumen rencana yang siap dilaksanakan.
Langkah-langkah dalam fungsi manajemen perlu jelas kedudukannya dalam seluruh fungsi manajemen, maka dipandang perlu adanya lima langkah utama dalam proses penyusunan suatu perencanaan, yaitu:
Langkah 1
:
Analisa masalah yang terdiri dari Analisa situasi, identifikasi
masalah, penetapan prioritas masalah, dan faktor penyebab
Langkah 2
: