Banyak langkah yang dilakukan untuk memperbaiki birokrasi dalam upaya mereformasi birokrasi. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemkot (Pemerintah Kota) Surabaya adalah menggalakkannya e-complaint atau mendengarkan dan menjawab keluhan warga Surabaya secara on-line.
Jika selama ini kebanyakan warga kota Surabaya bingung akan mengeluh kemana karena sistem tatanan birokrasi yang masih dianggap berbelit atau ribet, maka sekarang masyarakat tidak perlu lagi bertanya sana-sini dan juga tidak perlu lagi pontang-panting dari dinas satu kedinas yang lain untuk sekedar menyampaikan keluhan, bertanya dan mengetahui informasi.
Sekarang telah hadir e-complaint yang diterapkan dalam sistem pemerintahan Pemkot Suarabaya. Langkah ini sudah diterapkan cukup lama tapi karena kurang sosialisasinya banyak kalangan terutama kalangan menengah kebawah tidak mengerti informasinya, bahkan banyak dari kalangan menengah kebawah masih kurang paham cara menggunakannya karena masih banyak warga yang kurang bisa menggunakan internet.
Gambar di atas merupakan sebuah kolom penyampaian complaint atau keluhan masyarakat terhadap pemerintahan kota Surabaya. Sebenarnya langkah yang dilakukan Pemkot Surabaya ini wajib kita apresiasi karena merupakan suatu langkah cerdas yang dilakukan Pemkot Surabaya dalam mereformasi birokrasi pemerintahannya.
Perlunya sosialisasi yang lebih menyeluruh kedalam segala lapisan masyarakat agar seluruh lapisan atau kalangan masyarakat bisa menyampaikan keluhannya, baik itu kalangan menengah keatas maupun kalangan menengah kebawah. Hadirnya e-complaint diharapkan dapat membenahi dan memperbaiki citra birokrasi pemerintahan Indonesia yang lama di cap buruk oleh masyarakat.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI