Mohon tunggu...
Irfan Hanif
Irfan Hanif Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Stay healthy

Berhenti bersikap ragu-ragu dan bimbang, teruslah menatap ke depan demi masa depan yang cemerlang...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Nikmati Proses, Jangan Maunya Terima Hasilnya Saja

16 September 2018   19:33 Diperbarui: 16 September 2018   19:43 635
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.inspirasi.co

"Kamu tuh harus bisa sabar ngadepin proses nya ini, kamu nggak boleh ngeluh...."

"Ayoo dong deeek, kamu pasti bisa lulus ujian dengan nilai yang bagus! Makanya sekarang belajar yang bener, serius, jangan main-main..."

"Semangat aja kawan!! Katanya mau jadi komedian? Sekarang lu harus bisa nyari materi yang pas dan keren, supaya banyak orang yang ketawa ngeliat lu! Tapi jangan nyindir ya pastinya... Udahlah enjoy aja prosesnya jalanin aja!! Bisa kok bisaaaa..."

Kira-kira seperti itulah ucapan yang dikeluarkan oleh seseorang untuk menyemangati dan menasihati orang lain (teman, saudara, keluarga) untuk bisa mendapat hasil yang sukses dan maksimal. Pasti diantara kita semua tidak pernah tidak mengeluh ketika menjalankan sesuatu yang membuat kita merasa pusing dan mumet sekalipun. Baru sedikit ngeluh, baru begini ngeluh, dan macam-macam bentuknya.

Namun bila ditelaah lebih lanjut memang keluhan tiada ada artinya, sebab mengeluh itu hanya akan membuang waktu saja. Bukannya bergerak untuk maju melainkan malah tinggal diam ditempat saja tidak ingin prosesnya lanjut lagi.

Demikian seperti saya sendiri, jujur saja alasan saya menulis artikel ini karena saya masih merasa bahwa diri saya ini banyak sekali kekurangan. Alias kurang berusaha, dan terkadang sedikit mengeluh. Jangankan sekarang, dulu saja saat masih sekolah sayapun hampir sering mengeluh terhadap suatu hal yang membuat saya bingung sampai pusing terus-terusan.

Bahkan saking kesalnya sayapun selalu berteriak tidak bisa dan mengeluh terus-terusan. Sampai orang dirumah pusing akan kelakuan saya yang hampir tiap hari seperti itu. Namun ketika bertambah tahun dan tambahnya dewasa, sayapun kini jadi mengerti bahwa keluhan tak ada gunanya. 

Maka itu sekarang saya harus bisa bersabar menghadapi semua proses yang sedang dijalani ini. Bila memang itu belum berhasil pada saat ini, mungkin nantinya akan berhasil dan mendapatkan hasil yang memuaskan yang saya inginkan.

Tentu semuanya dilakukan dengan usaha dan doa terus. Sebab bila hasilnya nanti memuaskan, saya juga yang senang bahwa usaha, doa, dan proses yang saya jalani tidak sia-sia dan membuahkan hasil yang membanggakan. Bagaimana dengan kalian nih? Apa pernah memiliki pengalaman yang sama dengan saya ini?? hehe... :D.

Selain itu bila kita melihat orang-orang sukses di dunia yang sudah sangat terkenal dengan kekayaan, profesi, dan juga hasil yang diraihnya pasti juga pernah mengalami masa-masa sulit, mumet, jenuh.

Yakin saja, tak ada orang sukses yang tidak mengalami yang namanya kesulitan. Justru dari kesulitan itu mereka mau untuk terus belajar dan berusaha bagaimana cara menyelesaikannya, dan mencari jalan keluarnya sehingga bisa menemukan titik yang pas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun