Mohon tunggu...
Angga Pardede
Angga Pardede Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Paket Internet Telkomsel Simpati Loop yang Memotong Pulsa Reguler Secara Tiba-tiba

18 Januari 2015   07:43 Diperbarui: 17 Juni 2015   12:54 2920
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saya telah lama menjadi pelanggan setia Telkomsel, dimana saya selalu menggunakan Simpati sejak saya masih duduk di bangku sekolah. Saya menyukai provider ini karena didukung dengan jaringan yang sangat luas terutama ketika saya berada di tempat / daerah yang jauh dari perkotaan.

Saat ini saya sedang menggunakan produk Simpati Loop dimana andalan dari produk ini adalah kuota internet yang lebih menguntungkan dibandingkan Simpati lainnya. Saya terbiasa menggunakan paket 12 GB dimana saya akan mendapatkan 11 GB kuota midnight, 600mb dan 600mb di 3G. Awalnya saya tidak mendapatkan masalah. Tetapi setelah saya gunakan, suatu saat pulsa saya tiba tiba habis ketika saya selesai menggunakan kuota midnight. Saya pikir mungkin saya lupa mengaktifkan kuota reguler di luar midnight (karena biasanya selain mengaktifkan paket tersebut, saya juga mengaktifkan paket lainnya senilai 250mb untuk pemakaian di luar midnight). Hal ini kemudian terjadi berulang ulang hingga akhirnya pada 17/1/2015 saya merasa sangat kesal dengan kejadian yang serupa dan ingin mengetahui penyebabnya.

Pada pagi hari pukul 06.30 tanggal 17/1/2015 saya memakai kuota internet midnight dan menggunakan data sekitar 400mb. Sebagai informasi, sebelum saya menggunakannya saya masih memiliki pulsa 30rb+ , kuota internet reguler 300mb+ dan kuota midnight 10GB. Pukul 08.30 saya menghentikan pemakaian internet karena saya memiliki keperluan. Ketika pukul 09.05 saya mengecek pulsa saya, kuota internet reguler saya telah menjadi Rp 0 dan pulsa reguler saya juga Rp 0. Saya sangat kaget karena sudah jelas saya tidak menggunakan internet, dan karena sudah kesekian kalinya seperti ini maka saya segera menghubungi call center 188.

Setelah saya membuat pengaduan dengan keterangan seperti itu, sorenya saya mendapatkan balasan bahwa pulsa terpotong karena akses internet di luar waktu pemakaian. Saya segera menghubungi kembali Call Center karena hal ini sangat tidak masuk akal mengingat saya masih memiliki kuota internet reguler. Call center service mengatakan bahwa pulsa saya benar terpotong seluruhnya di pukul 09.04 karena pemakaian internet di luar waktu midnight. Saya tertawa. "Mas, kalaupun saya memang memakai internet dari jam 09 ke jam 09.04 masa pulsa reguler saya yang masih 30rb dan kuota internet reguler 300mb bisa langsung lenyap?" Orang itu tetap bersikukuh bahwa itu adalah data di sistem mereka.

Akhirnya saya mengungkapkan kekesalan saya di media sosial Twitter. Hal ini segera ditanggapi oleh pihak Cs yang ada di Social media tersebut. Tetapi yang lebih membuat saya semakin kesal, pihak yang menanggapi saya di direct message twitter oleh 6 orang (Dengan nama Agas, Samy, Zul, Besta, Ery, Hady) sehingga menurut saya sangat tidak efektif. Bahkan menanyakan hal yang sama yang sudah saya informasikan sebelumnya. Mereka juga tetap bersikukuh bahwa saya dikenakan tarif normal di luar pulsa midnight, padahal saya masih memiliki kuota reguler.

Setelah kembali pukul 00.00 18 Januari 2015, saya akhirnya bisa mengecek kembali sisa kuota internet midnight saya dan ternyata kuotanya masih tetap di angka 10157mb padahal di pagi hari saya sudah memakai hampir 500mb. Dari sini saya bisa mengambil hipotesis bahwa pulsa terpotong yang seharusnya dari kuota midnight, dilimpahkan ke pulsa reguler dan kuota reguler saya di luar midnight sehingga kuota midnight tetap utuh di 10GB sedangkan pulsa reguler dan kuota reguler saya menjadi Rp 0.

Saya sangat setia dengan Telkomsel karena saya menyukai jaringannya yang luas dan sinyal yang kuat. Tetapi jika ke depannya saya terus dihadapi dengan hal yang seperti ini, maka bukan tidak mungkin saya akhirnya menyerah dan tidak lagi menggunakan provider ini. Setelah saya riset di media sosial Twitter, ternyata banyak teman-teman lainnya yang mengalami hal yang serupa. Saya hanya ingin mendapatkan penjelasan yang bisa menjawab solusi atas hal ini dari pihak Telkomsel sehingga ke depannya tidak terjadi hal serupa.

Terima kasih, mohon maaf apabila ada kata-kata yang tidak sesuai.

Salam.

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun