Mohon tunggu...
Angel Ling Lim
Angel Ling Lim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Infj

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Optimalisasi Branding UMKM Bear Beads oleh Mahasiswa SV IPB University

4 Desember 2023   19:56 Diperbarui: 4 Desember 2023   20:25 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ekonomi Indonesia diketahui melemah akibat dari terdampak pandemic Covid 19, bahkan Indonesia diisukan akan mengalami resesi pada tahun 2023. Melihat perkembangan ekonomi Indonesia yang mengalami penurunan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dipandang sebagai solusi yang tepat untuk menghadapi ketidakpastian ekonomi yang terus meningkat. Tahun 2023 jumlah UMKM di Indonesia telah menyerap 119,6 juta atau 96,92% dari total tenaga kerja unit usaha Indonesia. Peningkatan UMKM di Indonesia setiap tahunnya diharapkan mampu menjadi penopang perekonomian Indonesia dan diharapkan para pelaku UMKM mampu membuka lapangan pekerjaan demi mengurangi angka pengangguran yang terus meningkat.

Agar mampu meningkatkan suatu usaha maupun bisnis UMKM menjadi lebih besar maka dibutuhkan kegiatan branding konten yang baik dan terstruktur sehingga mampu meningkatkan visibilitas dan citra merek UMKM. Untuk berpartisipasi dalam kemajuan UMKM yang ada di Indonesia sejumlah mahasiswa Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB) University Program Studi Komunikasi Digital dan Media turut ikut membantu mengoptimalkan branding salah satu UMKM di Kota Bogor bernama Bear Beads yang bergerak di bidang lifestyle melalui digital content and creative writing. UMKM ini memproduksi aksesoris berbahan dasar manik - manik dengan bahan yang berkualitas premium dan desain yang kekinian seperti gelang, cincin, kalung, dan gantungan handphone.

Para Mahasiswa IPB yang tergabung dalam satu kelompok tersebut melakukan aktivitas branding mulai dari pengembangan ide kreatif hingga kegiatan promosi selama tiga minggu sejak Kamis (8/11/2023) agar dapat meningkatkan UMKM Bear Beads menjadi lebihbesar. Melalui konten - konten yang mengandung ide kreatif dan diupload pada salah sosial media instagram diharapkan UMKM Bear Beads mampu menjangkau target audiens, memperluas jangkauan pasar, meningkatkan kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun