Isu-isu pendidikan kontemporer yang berkembang di indonesia
Perkenalkan nama saya Angelita Putri Parera, saya adalah salah satu mahasiswi di Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen. Tujuan saya membuat Artikel ini adalah untuk memenuhi tugas akhir dari bapak
Drs. Adi Prasetyo,M.Si.Ak,CA Selaku Dosen dari Mata Kuliah Ekonomi Islam, serta tujuan lainnya yaitu untuk memberikan informasi tentang isu-isu pendidikan yang kontemporer yang berkembang di indonesia.
Isu kontemporer adalah sebuah isu yang lahir dan berkembang pada saat berakhirnya perang dingin pada tahun 1990-an . Isu ini lahir karena bentuk baru suatu ancaman dan pengamanan yang mengalami transformasi sejak berakhirnya dan biasa disebut dengan new agenda (agenda baru). Perubahan yang terjadi baik pada skala lokal, nasional dan internasional sangat cepat terjadi dan menyentuh hampir semua bidang kehidupan adalah perkembangan pesat informasi komunikasi dan teknologi yang memfasilitasi perubahan-perubahan tersebut sehingga menjadi massif dan mendalam melalui ICT, batas-batas wilayah geografis sudah tidak berarti lagi karena manusia dengan teknologi mampu menembus batas-batas tersebut hampir tanda ada halangan. perubahan-perubahan yang terjadi sedikit banyaknya pasti akan berpengaruh terhadap dunia pendidikan. paling tidak, ketika sebuah perubahan menjadi berita yang tersebar luaskan
berikut merupakan isu-isu kontemporer :
Pihak yang Terkait
Pihak yang terkait dalam problematika pendidikan di Indonesia yaitu, Kesejahteraan guru yang relatif rendah terutama guru honorer, Rendahnya perhatian orang tua terhadap pentingnya pendidikan untuk anak, Kemauan anak terhadap pendidikan yang rendah, Keadaan lingkungan sekolah yang tidak mendukung.
Kebijakan Pemerintah
Kebijakan yang diambil pemerintah terutama menteri Pendidikan dan Kebudayaan beberapa tahun terakhir yang mengalami resafle jabatan mengakibatkan perubahan beberapa kebijakan sehingga mengganggu sistem pendidikan dan kurang efisien dalam melaksanakan beberapa program baru. Kurangnya sosialisasi terhadap program baru juga menjadi permasalahan dalam menyampaikan materi. Seperti halnya :
Perubahan KTSP menjadi K-13
Penghapusan Ujian Nasional
Diberlakukannya full day school yang masih menjadi pro kontra dari beberapa pihak.
Keadaan Lingkungan Belajar
Keadaan lingkungan belajar di Indonesia juga menjadi masalah dalam pendidikan di Indonesia. Dengan fasilitas yang minim untuk sekolah tertentu memicu terciptanya suasana belajar yang tidak efektif dan efisien. Namun sebaliknya, fasilitas yang terlalu berlebihan juga akan mempengaruhi suasana belajar sehinggu muncul penyimpangan. Misalnya, terjadinya kekerasan dan kejahatan seksual di lingkungan sekolah seperti Pemukulan guru oleh orang tua siswa di Makasar dan Kejahatan seksual yang terjadi di JIS.