Mohon tunggu...
Inovasi

Penerapan Karakteristik New Media pada viva.co.id

24 Februari 2017   08:45 Diperbarui: 24 Februari 2017   08:50 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

pada pembahasan mengenai media baru (new media) kita telah belajar apa itu karakteristik media baru yang terdiri dari enam macam. oleh karena itu mari belajar bagaimana media - media menerapkan karakteristik tersebut. salah satunya pada tulisan ini akan diambil contoh yaitu portal berita dari viva.co.id. penerapannya sebagai berikut: 

1. karakter Digital: Portal berita pada viva.co.id telah menerapkan karakteristikmedia baru yaitu digital. Hal ini terlihat dari adanya berbagai elemen sepertigambar bergerak, suara dan tulisan yang diterapkan dalam menyampaikan berita.Selain itu, pada laman depan pengunjung diberikan pilihan jenis berita yangdiinginkan sehingga mempermudah para pengunjungnya. (http://www.viva.co.id/video/) 

2. karakter Interactivity: Portal berita pada viva.co.id telah menerapkankarakteristik media baru yaitu interactivity dimana pada portal tersebutmenyediakan kolom komentar, like, dan sharedi akhir tulisan berita, namundisayangkan pengunjung lebih cenderung share berita atau hanya sekedar menyukaitulisan di portal. Portal berita viva.co.id juga termasuk interaktif denganpengunjungnya karena menyertakan kontak viva. Selain itu terdapat tools yangberfungsi untuk mendapatkan berita dalam bentuk hardcopy (print). Selain itujuga terdapat fasilitas untuk pengguna menjadi keanggotaan viva.co.id (http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/884284-investor-tetap-optimistis-meski-pilkada-dki-2-putaran)

3. karakter Hypertextual: Pada portal berita viva.co.id hyperlink dalamtulisan berita tidak ditemui. (http://nasional.news.viva.co.id/news/read/884294-wiranto-minta-kemenlu-investigasi-kasus-siti-aisyah) 

4. karakter Networkted: Karakter Networkted diterapkan oleh viva.co.idhal ini terlihat dari sosial media yang digunakan oleh portal berita tersebut,diantaranya ada facebook, twitter, google+

5. karakter virtual: Terdapat penerapan karakter virtual pada portalberita viva.co.id. salah satunya yaitu pada berita mengenai perkembanganpariwisata indonesia 2016. Viva mencoba untuk menggunakan efek virtual dalampenjelasan perkembangan pariwisata yang ada. (http://www.viva.co.id/video/read/62660-perkembangan-pariwisata-indonesia-2016)

6. karakter Simulated: Terdapat penerapan karakter simulated dalam pemberitaan yang ada di portal berita viva.co.id, salah satunya dalam mensimulasikan semanggi interchange. Viva.co.id mencoba mengajak pengunjung untuki melihat proyek semanggi interchange dengan simulasi tersebut. (http://www.viva.co.id/video/read/55034-simulasi-semanggi-interchange)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun