Dampak Internet pada Kekuatan Kompetitif
a. Substitute products or services :Â memungkinkan pengganti baru akan muncul dengan pendekatan baru untuk memenuhi kebutuhan
b. Customers' bargaining power :Â ketersediaan harga dan informasi produk global menggeser daya tawar
c. Suppliers' bargaining power :Â pengadaan melalui internet cenderung menaikan daya tawar, sehingga pemasok bisa mendapatkan keuntungan
d. Threat of new entrants :Â Internet mengurangi hambatan masuk untuk mengendalikan proses bisnis yang membuat lebih mudah untuk dilakukan
e. Positioning and rivalry among existing competitors :Â memperlebar pasar geografis, meningkatkan jumlah pesaing, dan mengurangi perbedaan antar pesaing; membuat lebih sulit untuk mempertahankan keunggulan operasional, menempatkan tekananuntuk bersaing pada harga
Sustaining Competitive Advantage
1. Keunggulan strategi kompetitif yang diberikan sistem tidak selalu bertahan lama untuk menjamin keuntungan selamanya, karena pesaing dapat membalas dan menyalin sistem strategis tsb., keunggulan kompetitif tidak selalu berkelanjutan.
2. Pasar, harapan pelanggan, dan perubahan teknologi, globalisasi telah membuat perubahan bahkan lebih cepat dan tak terduga.
3. Internet dapat membuat keunggulan kompetitif hilang sangat cepat karena hampir semua perusahaan dapat menggunakan teknologi ini.
4. Sistem yang awalnya ditujukan untuk menjadi strategi bersaing sering menjadi sekedar alat untuk bertahan hidup (survival tool).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H