Mohon tunggu...
Angel Vibra Karamoy
Angel Vibra Karamoy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ilmu Komunikasi, Universitas Andalas

Mahasiswa konsentrasi Media Tv dan Film yang sedang aktif dalam produksi film pendek.

Selanjutnya

Tutup

Trip

Goa Pacualan, Permata Tersembunyi di Nagari Tigo Koto Silungkang

4 September 2023   22:31 Diperbarui: 4 September 2023   22:31 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pesona Goa Pacualan di Nagari Tigo Koto Silungkang. Sumber: Angel Vibra Karamoy, 2023 (Dokumen Pribadi) 

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi yang terkenal akan keindahan alam yang memukau. Keindahan alam tersebut telah melahirkan banyak destinasi wisata alam yang alami, mulai dari pantai hingga puncak gunung. Namun wisata alam bukan hanya tentang gunung dan pantai. Tetapi juga dapat berupa gua.

Salah satu wisata alam gua yang saat ini sedang dikembangkan adalah Goa Pacualan. Goa Pacualan terletak di Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Gua alam ini terletak tidak jauh dari ruas jalan provinsi yang menghubungkan Padang-Bukittinggi. Jarak gua dari jalan raya simpang Baluka Matua sekitar 3 kilometer, dengan jarak untuk sampai ke mulut gua kurang lebih sejauh 500 meter perjalanan kaki, menyusuri areal persawahan dan perkebunan masyarakat.

Goa Pacualan memiliki dua buah mulut gua sebagai tempat masuk yang bisa tembus antara satu sama lain. Memasuki dalam gua, kita akan disuguhkan dengan keindahan bebatuan alam yang menjadi suatu fenomena menarik bagi wisatawan. Apabila wisata alam umumnya hanya menawarkan satu pemandangan saja, seperti keindahan gua atau air terjun. Goa Pacualan berhasil menyuguhkan keindahan stalaktit dan stalagmit dengan aliran sungai kecil yang menambah keindahannya.

Keindahan bebatuan di dalam Goa Pacualan. Sumber: Angel Vibra Karamoy, 2023 (Dokumen Pribadi)
Keindahan bebatuan di dalam Goa Pacualan. Sumber: Angel Vibra Karamoy, 2023 (Dokumen Pribadi)

Semakin dalam menyusuri gua, kita akan menemukan banyak spot yang menarik. Salah satunya spot yang terlihat seperti mulut gua, namun terhubung langsung ke jurang. Disini kita bisa berhenti untuk berfoto atau sekadar menikmati keindahan gua. Spot ini yang banyak dijadikan lokasi berfoto di dalam Goa Pacualan. 

Salah satu spot foto menarik di Goa Pacualan. Sumber: Ahmad Zulfani, 2023 (Dokumen Pribadi)
Salah satu spot foto menarik di Goa Pacualan. Sumber: Ahmad Zulfani, 2023 (Dokumen Pribadi)

Tidak hanya untuk tujuan wisata, gua ini juga telah dikunjungi oleh beberapa mahasiswa untuk tujuan penelitian berbagai potensi dalam gua. Dengan segala keindahan dan potensi yang dimiliki, wajar saja Goa Pacualan saat ini menjadi salah satu potensi wisata Nagari Tigo Koto Silungkang yang akan dikembangkan menjadi objek wisata. Namun untuk menuju hal tersebut, tentu memerlukan banyak pembenahan dan pembangunan fasilitas untuk menunjang potensi wisata Goa Pacualan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun