Mohon tunggu...
Anep Paoji
Anep Paoji Mohon Tunggu... Wiraswasta - Masih Terus Belajar dan Mncoba terus Berkarya

Anep Paoji, saya tinggal di kota kecil indah dan bersahabat.

Selanjutnya

Tutup

Money

Aplikasi J&T Express Cara Mudah Pantau Kiriman Barang

18 Desember 2019   19:03 Diperbarui: 18 Desember 2019   19:11 1024
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu jasa pengiriman yang cukup fenomenal saat ini adalah J&T. Perusahaan jasa kurir dengan logo dominan warna merah menyala ini, sukses mendapati hati para pengguna jasa ekspedisi di tanah air dalam waktu relatif cepat.

Sejak didirikan tahun 20 Agustus 2015, J&T mampu menjadi jasa ekspedisi yang banyak digunakan di samping layanan pendahulunya. Sebut saja PT Pos Indonesia, JNE, TIKI, Indah Cargo dan jasa kurir lainnya.

J&T merupakan perusahaan yang bernaung di bawah PT. Global Jet Express berkantor pusat di Pluit, Jakarta Utara. Hingga akhir tahun 2019, J&T telah merambah 5 negara di Asia Tenggara. Yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina dan Thailand.

Dari sisi nama, J&T merupakan singkatan dari Jet and Technology.  Bisa diartikan teknologi pengantaran cepat didukung oleh penggunaan aplikasi smart phone. Sesuai kebutuhan zaman, teknologi 4.0, diterapkan dalam layanan J&T. Rasanya, tanpa aplikasi ini, layanan kekinian akan menjadi ketinggalan. Dan J&T sudah hadir dengan teknologi 4.0 itu.

Dengan aplikasi ini kita dengan mudah men-trancking barang bahkan mengetahui harga sebelum kirim barang dari gengaman tangan. Ini akan memudahkan pengguna terutama penjual online (e-comerce) untuk memberi perkiraan ongkos kirim kepada pelanggan. Ingat, harga ongkos kirim, menjadi pertimbangan serius bagi calon pembeli apakah melanjutkan pesanan atau membatalkan.

Penulis mencoba review penggunaan aplikasi J&T Ekspress. Ternyata sangat mudah. Pertama kali, download aplikasi di play store dengan key words J&T Ekspress. Apliaksi ini menghabiskan memori sekitar 63 MB, tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil. Sedang-sedang saja, tidak menghabiskan memori handphone kesayangan.

Setelah di-download, aplikasi secara otomatis menginstal pada android. Tunggu sejenak untuk dapat dibuka. Bila sudah terbuka, kita dapat melakukan regsitrasi. Memasukkan user name hingga paswords. Hanya saja untuk tahapan ini, pada saat mencoba registrasi tidak bisa digunakan. Otentifikasi ke nomor handphone tidak kunjung muncul meski sudah tertulis, "sudah terkirim ke nomor handphone anda".  Solusinya, login dengan email yang telah digunakan pada android.

dokpri
dokpri
Begitu  aplikasi terbuka, pertama kali nampak brand ambasador J&T Deddy Corbuzer dengan scine sedang  membawa paket kiriman. Di chanel Youtube-nya, Deddy sempat menampilkan vlog dan bertindak sebagai courir J&T, hingga nge-prank tukang jualan dengan memberikan hadiah rumah mewah di perumahan elit Jakarta. Luar biasa. Ngiler jadinya...he2

Kembali ke aplikasi. Maskot J&T di sebelah kiri bawah menunjuk pada menu. Menu pertama, akun dengan tulisan "saya". Menu ini merupakan identitas user aplikasi. Mulai nama, alamat, email dan kata sandi.

dokpri
dokpri
Kedua menu harga. Pada menu ini kita dengan mudah dapat mengetahui ongkos kiriman barang yang akan dikirim melalui J&T. Dengan mengisikan asal kirim, tujuan kirim, berat serta dimensi, maka harga ongkos kiriman akan muncul. Penulis saat itu akan mengirim barang pada pembeli  di Jatinegara -- Jakarta dengan berat barang 1 Kg. Maka tertera harga ongkos kirim Rp15.000.

dokpri
dokpri
Menu ketiga menu Drop Off. Menu ini untuk mendapatkan nomor resi sebelum barang dikirim ke kantor layanan. Di J&T ada istilah droff point yang merupakan sistem sentralisasi dalam pendistribusian serta penerimaan paket. Fungsi Drop Point di darat sebagai penghubung antara penerima paket dengan pengrim paket juga melakukan pengiriman.

Dengan mengisikan data, asal dan tujuan kiriman barang maka akan keluar harga ongkos kirim sekaligus resi otomatis. Resi ini berupa nomor yang ketika kita mengirimkan barang ke kantor layanan, tinggal menyerahkan nomor tersebut.

dokpri
dokpri
Kondisi ini akan memudahkan pengirim -terutama penjual online di markatplace-- bisa lebih cepat mengkonfirmasi resi kiriman sebelum barang dikirim. Dengan demikian, akan membuat tenang pembeli di ujung sana yang pada akhirnya akan meningkatkan ratting toko kita di marketplace karena respon yang sangat cepat.   

Keempat, menu "Order Saya". Berfungsi untuk memantau barang kiriman, apakah masih dalam proses kirim atau sudah sampai tujuan.

dokpri
dokpri
Kelima, "menu beranda". Pada menu ini menampilkan foto-foto juga terdapat kolom melacak kiriman secara real time. Terdapat juga tombol drop point untuk mengatahui lokasi layanan J&T terdekat, memudahkan kita untuk mendatangi kantor layanan. Ini akan sangat membantu bila kita belum mengetahi lokasi daerah sekitar. Seperti karena kita baru datang di kota itu atau sekedar melancong namun perlu jasa kiriman barang ke luar kota.  

J&T Drop Point Tasikmalaya
J&T Drop Point Tasikmalaya
Penulis pun lalu  kirim produk ke Drop Point terdekat, jaraknya sekitar 3 KM dari rumah. Harga real ternyata sama dengan harga perkiraan ongkir pada aplikasi. Selesai sudah kirim barang, sayapun mendapat resi pengiriman. Beberapa saat, nomo resi tersebut dapat langsung di-cek pada aplikasi. 

Cara cak resi kiriman di aplikasi cukup mudah. Pada kolom beranda aplikasi akan tertera "lacak resi". Cara melacak ada dua, yakni dengan secara manual memasukkan nomor resi, juga bisa dilakukan dengan cara scand barcode. Maka progres kiriman akan langsung terpantau.  

dokpri
dokpri
Dua hari berikutnya, begitu memantau kembali kiriman di aplikasi, barang sudah sampai ke pembeli produk di Jakarta. Untuk waktu dan ongkir, relatif sama dengan yang lain. Beberapa kiriman, saya juga pernah mengalami lebih cepat namun pernah juga mengalami lebih lama dari pada perkiraan. 

dokpri
dokpri
Apa kelebihan J&T?

Salah satu pendukung utama dalam pelayanan jasa ekspedisi adalah armada. Tanpa itu semua, layanan yang disediakan menjadi tidak berarti. J&T ternyata telah melakukan berbagai kerjasama dengan menggandeng perusahaan besar di dalam dan luar negeri. Antara lain, bekerja sama dengan dengan Garuda Indonesia Cargo untuk pengiriman via udara. Menggandeng Indonesian E-commerce Association (idEA) yang merupakan asosiasi E-commerce di Indonesia dan Asperindo sebagai asosiasi perusahaan jasa pengiriman express Indonesia.

Kerjasama serupa dilakukan dengan Marketplace Shopee serta marketplace lainnya yang diyakini mampu mendobrak pertumbuhan pengiriman via J&T Express. Di samping itu menjadikan Deddy Corbuzier sebagai brand ambassador sejak bulan Desember tahun 2016. Sejak Maret 2018 J&T telah membuka  perwakilan di Vietnam dan Malaysia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun