Industri digital telah menjadi suatu paradigma dan acuan dalam tatanan kehidupan era revolusi industri 4.0 saat ini. Di era ini diperlukan kemampuan literasi, baik literasi lama maupun literasi baru. Terkait dengan kemampuan literasi lama mencakup kompetensi calistung (baca-tulis-hitung), sedangkan literasi baru mencakup literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia.
Saat ini pandemi menjadi tantangan bagi guru, untuk dapat mengembangkan kreativitas penggunaan teknologi dan pembelajaran tersampaikan dengan baik. Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Kampus Mengajar Angakatan 2 SD Negeri 2 Mungseng yang memberlakukan kegiatan pembelajaran.
Adapun program yang dilaksanakan mahasiswa yaitu: untuk kegiatan persiapan AKM (Asessment Kompetensi Minimum) sebelum melakukan simulasi pengerjaan soal, yang mencakup literasi dan numerasi. Siswa terlebih dahulu dijelaskan materi setelah itu siswa mengerjakan quiz yang berbentuk game di website World Wall. Untuk kegiatan pembelajaran juga sama seperti yang dilakukan di atas, kegiatan pembelajaran dengan menyelingi pengerjaan soal di World Wall.
Tujuan dari program mahasiswa ini bermaksud untuk menekankan siswa agar terbiasa menggunakan komputer/PC agar nantinya siswa tidak kaget untuk melaksanakan kegatan AKM (Asessment Kompetensi Minimum), selain itu siswa juga diharapkan tidak bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran tentang literasi yang notabenenya pembelajaran yang di anggap membosankan bagi siswa.
PELATIHAN GOOGLE CLASSROOM DAN PEMBUATAN SOAL QUIZIZZ/WORLD WALL BAGI GURU
Dari hasil wawancara yang dilakukan oleh mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2, guru yang sudah senior mengatakan “Untuk kendala, mungkin kami masih belum menguasai kagiatan pembelajaran yang berbasis komputer”. Maka, mahasiswa membuat program kegiatan adaptasi teknologi bagi guru. Program tersebut yakni,pelatihan google classroom dan quizizz/world wall bagi guru di SD Negeri 2 Mungseng. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjadikan kualitas guru yang sesuai dengan performa guru yang dibutuhkan dalam era industri 4.0. Guru merupakan faktor terpenting dalam kompetensi pembelajaran khususnya literasi, guru harus diproyeksikan untuk mampu menjawab tantangan dalam menyiapkan generasi terdidik di era industri 4.0.
Literasi Data Teknologi dan manusia sangatlah penting bagi keberlangsungan kegiatan pembelajaran khususnya guru yang merupakan pondasi bagi siswa untuk menghasilkan siswa yang memiliki 4 keterampilan abad 21yaitu kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis dan kreatif (Noermanzah & Friantary,2019). Era revolusi industri 4.0 merupakan era semua kehidupan termasuk pembelajaran bahasa Indonesia perlu menggunakan data dan berbasis teknologi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H