Mohon tunggu...
Andy Hakim
Andy Hakim Mohon Tunggu... Teknisi - System Administrator

Seorang IT Administrator dan aktif di platform digital Quora, sesekali menulis di blog pribadi techsains.com

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Mengapa Indomaret dan Alfamart Letaknya Berdekatan

1 Februari 2021   09:15 Diperbarui: 1 Februari 2021   21:43 2701
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat toko retail yang membuka gerai usahanya saling berdekatan. Tidak jarang kita melihat bahwa toko-toko seperti Indomaret dan Alfamart letaknya bersebelahan, atau paling tidak berdekatan hanya selisih beberapa ruko saja. 

Mengapa ini terjadi? Berikut ini adalah ulasan mengapa fenomena ini menarik untuk dibahas. Yuk mari belajar! 

Ilustrasi Ringan

Jika kamu penasaran mengenai fenomena ini, mari lihat penjelasan secara sederhana dengan ilustrasi berikut ini.

Studi kasus

Pada suatu hari yang cerah di pinggir pantai, datanglah seorang penjual es krim. Pantai ini panjangnya 1000m, cukup panjang bukan? lihat gambar ilustrasi di bawah ini

Penjual es krim berjualan di pinggir pantai yang panjangnya 1000m 
Penjual es krim berjualan di pinggir pantai yang panjangnya 1000m 

Agar dapat mengcover calon pelanggan yang ada di sebelah kiri sepanjang 500m dan di sebelah kanan sepanjang 500m, dia memutuskan untuk menjual di tengah-tengah pantai. Keputusan yang sangat tepat!, pada hari itu dia mendapatkan keuntungan dari seluruh areal pantai sepanjang 1000m tersebut.

Datangnya kompetitor

Keesokan harinya datanglah seorang tukang es krim lain, dia juga ingin berjualan di pantai tersebut. Mereka lalu bernegosiasi untuk membagi wilayah berjualan.

Penjual es krim 1 : "Begini, supaya adil sebaiknya areal ini kita bagi dua, kamu berjualan di sebelah kanan dan saya berjualan di sebelah kiri"

lalu si penjual es krim 2 menjawab begini, 

Penjual es krim 2 : "Baiklah, kita sepakat. Deal!" 

penjual es krim membagi wilayah jualannya 50:50 
penjual es krim membagi wilayah jualannya 50:50 

Kompetitor berbuat curang

Yaaa...namanya juga bisnis, beberapa hari kemudian si penjual es krim yang kedua menggeser tempat jualannya agar lebih banyak memperoleh pelanggan. 

Penjual es krim kedua menggeser ke sebelah kiri sejauh 200m, sehingga total wilayahnya menjadi 700m ini artinya dia menguasai 70% wilayah pantai. Wah!, curang ya? Namun dalam bisnis tidak ada larangan menggeser tempat berjualan, bisnis tetaplah bisnis.

penjual es krim 2 mengambil wilayah yang lebih banyak
penjual es krim 2 mengambil wilayah yang lebih banyak

Langkah antisipatif

Karena persaingan bisnis tadi, si penjual es krim pertama merasa kesal dan memutar otak bagaimana agar penjualannya bisa meningkat. Lalu keesokan harinya dia menggeser jualannya ke sebelah kanan penjual es krim kedua.

penjual es krim pertama nggak mau kalah, dia menggeser juga jualannya untuk memperoleh keuntungan maksimal 
penjual es krim pertama nggak mau kalah, dia menggeser juga jualannya untuk memperoleh keuntungan maksimal 

Nash Equilibrium

Pada hari-hari berikutnya mereka saling menggeser jualannya sehingga tercapailah suatu titik keseimbangan dimana pada titik ini tidak ada lagi keuntungan paling tinggi yang bisa didapat. 

Pada titik yang paling 'optimal' ini kompetitor tidak dapat lagi bergerak sehingga mereka kelihatan bersebelahan. 

Aksi saling mempengaruhi ini dicetuskan oleh ahli matematika John Forbes Nash Jr, dimana suatu aksi rencana yang diambil jika suatu kompetitor tidak lagi mengubah strateginya lagi atas suatu aksi/strategi yang kita lakukan. Titik ini dinamakan dengan ekuilibrium Nash.

kedua penjual es krim tidak lagi bisa menggeser tempatnya untuk memperoleh keuntungan paling maksimal
kedua penjual es krim tidak lagi bisa menggeser tempatnya untuk memperoleh keuntungan paling maksimal

Kesimpulan

Dengan mengambil ilustrasi di atas bisa disimpulkan bahwa pola matematik dan ekonomi ini dapat terjadi pada Indomaret dan Alfamart sehingga kamu tahu sebabnya mengapa Indomaret dan Alfamart letaknya berdekatan satu sama lain. 

Sebenarnya masih ada beberapa faktor lainnya seperti jumlah dan jarak konsumen, supplier barang dan sebagainya.

Tidak hanya pada Indomaret dan Alfamart, pola-pola ini juga terjadi pada toko-toko retail besar dan bisnis lainnya. Beberapa waralaba besar yang sudah memahami pola ini juga juga melakukan hal yang sama untuk menghemat waktu dan biaya riset pasar. 

Mereka langsung saja buka usahanya tanpa pikir panjang disamping toko-toko saingannya karena mereka tinggal melihat volume penjualan dari toko saingannya tersebut.

Nah, setelah membaca artikel ini apakah rasa penasaran kamu sudah terbayarkan? Tulis di kolom komentar yah!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun