- Lokasi : SMAIT Nurul Ilmi Jambi
- Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
- Tujuan yang Ingin Dicapai: "Meningkatkan pemahaman dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kalimat reported speech sebagai salah satu unsur kebahasaan News Item Text dengan model pembelajaran PBL dan penerapan Index Card Match Strategy."
- Tanggal : 1 November 2022
- SITUASI:
Latar Belakang Masalah:
Dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas XII, peserta didik akan dihadapkan pada materi News Item Text. Materi ini sebenarnya cukup familiar bagi peserta didik karena dekat dan sering mereka temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami dan menganalisis salah satu unsur kebahasaan dari News Item Text, yaitu pada kalimat Reported Speech.
Berikut adalah beberapa faktor penyebab masalah di atas:
- Peserta didik belum memahami konsep perubahan tenses dalam reported speech.
- Peserta didik belum memahami konsep perubahan keterangan waktu dalam reported speech.
- Peserta didik mengalami keterbatasan kosa kata dalam memahami kalimat dalam materi reported speech.
- Anggapan bahwa pembelajaran grammar adalah sesuatu yang susah dan membosankan.
Praktik ini perlu dibagikan karena untuk refleksi dan motivasi terutama untuk penulis sendiri agar dapat melaksanakan pembelajaran yang efektif, Â inovatif dan menyenangkan pada pembelajaran selanjutnya, serta dapat menjadi bahan referensi bagi teman sejawat atau rekan pendidik lain yang mengalami permasalahan yang sama sehingga pendidik dapat lebih bisa menggali potensi diri untuk menyajikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan index card match strategy dan model pembelajaran Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan motivasi, pamahaman dan kemampuan analisis peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris pada materi kalimat reported speech.
Peran saya sebagai guru adalah bertanggungjawab untuk mendesain, mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik. Pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik akan meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
- TANTANGAN:
Setelah melakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara guru dan kepala sekolah, maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu :