Mohon tunggu...
Andry Irawan
Andry Irawan Mohon Tunggu... Wiraswasta -

Saya hanya seorang biasa yang menikmati hidup ini dengan bekerja dan memberi nafkah bagi anak dan istri.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Sekedar Ide untuk Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta

13 Desember 2012   01:04 Diperbarui: 24 Juni 2015   19:46 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Jakarta Macet ?

Bukan hal yang baru, rasanya setiap hari kita membaca, melihat bahkan mengalaminya sendiri. Saya sudah lupa sejak kapan lalu lintas di Jakarta sudah macet seperti saat ini.

Saya ada ide, saya tidak tahu apakah ini sudah pernah dipikirkan atau bahkan sudah dilaksanakan, tapi saya rasanya belum pernah melihat atau mengalaminya.

Ide saya adalah, di Jakarta ada yang namanya Mabes TNI AD, AL dan AU. Dan setahu saya ini ada di setiap bagian Kota Jakarta, ada juga Koramil, Kodim.

Ada juga yang namanya petugas polisi dan petugas DLLAJ.

Saya membayangkan jika setiap hari di tiap perempatan, tiap area dekat pusat keramaian dan tiap area rawan macet, ada tentara, petugas polisi, petuga DLLAJ. Semua bekerja sama mengatur lalu lintas, semua siap untuk "menghadang" para pelanggar lalu lintas seperti yang melawan arah, berhenti sembarangan, parkir sembarangan atau penyerobot lampu lalu lintas. mereka bisa bekerja secara paruh waktu, jadi ada yang giliran jaga pagi, jaga siang, jaga malam, bahkan tengah malam.

Jalanan lancar, teratur dan aman.

Entah kenapa, saya yakin sekali Jakarta akan terbebas dengan nasalah kemacetan lalu lintas. Saya mengamati mental para pengguna jalan di Indonesia adalah, patuh jika ada petugas, tapi seperti barbar jika tidak ada petugas.

Saya tidak tahu biayanya berapa, saya tidak tahu dimana kesulitannya untuk menggabungkan semua potensi macam macam petugas ini, saya tidak tahu prosedur dan birokrasi seperti apa.

Yang saya tahu adalah, kita negara damai, tidak punya musuh yang signifikan, kenapa tidak diberdayakan ribuan prajurit di Mabes TNI AU, AD, AL, Kodim, Koramil dan lain lain ?

bagi saya, ini mestinya sederhana, namun sekali lagi, saya hanyalah seorang warga biasa yang sekedar mencurahkan isi hati.

Salam

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun