Pada akhir akhir ini usaha jasa pengiriman semakin ramai di karenakan semakin banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan jasa pengiriman barang atau pengiriman dokumen-dokumen pada perusahaan, terbukti setiap tahunnya perusahaan yang bergerak di bidang jasa tersebut bertambah, hal ini bisa di lihat dari adanya kenaikan peringkat laporan survei.
Adanya industri jasa pengiriman yang ada di Indonesia semakin mudah pula akses pendistribusian barang di plosok Indonesia maka dari itu dalam memaksimalkan pengiriman harus di dukung dengan akses logistic yang mudah sehingga dengan adanya perkembangan industry pengiriman ini dapat benar benar berdampak positif bagi seluruh penjuru nusantara.
J&T dimulai tepatnya pada tanggal 20 Agustus 2015. Pada hari itu secara resmi PT. Global Jet Express didirikan sekaligus meresmikan kantor pusatnya di pluit, Jakarta Utara. Meskipun perusahaan ini adalah perusahaan baru dibidang jasa pengiriman barang dan ekspedisi, namun J&T optimis akan menjadi jasa unggulan dan menjadi pilihan bagi maysarakat Indonesia.
Hadirnya J&T sebagai perusahaan baru di Indonesia telah berkomitmen siap melayani kebutuhan publik. J&T siap melayani Indonesia untuk pelayanan pengiriman cepat, nyaman dan terpercaya. Inovasi berbasis teknologi menjadi unggulannya. Kemudian, J&T memberikan pelayanan premium dengan harga murah dengan kualitas premium.
Pergeseran pasar dari tradisional ke pasar digital lewat media internet, menjadikan kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi akan jasa ekspedisi. Perubahan ini terlihat pada hal pengiriman barang, yang sebelumnya lazim dilakukan oleh barang industri dan produksi, maka saat ini mulai didominasi barang-barang retail. Melihat peluang demikian, maka J&T hadir dengan menawarkan keunggulan yang kompetitif dan inovatif.
Sebenarnya sudah banyak perusahaan ekspedisi pengiriman barang retail sejenis yang telah berdiri jauh sebelum J&T. beberapa perusahaan yang sudah mapan dibidang ini antara lain Tiki dan JNE yang sudah puluhan tahun dipercaya oleh masyarakat indonesia. Belum lagi Pos Indonesia yang merupakan perusahaan BUMN yang berdiri sejak Republik Indonesia belum berdiri.
Namun, dengan usia yang sangat muda J&T telah berhasil mampu mensejajarkan diri dengan perusahaan-perusahaan ekspedisi besar di indonesia. Bagaimana tidak, belum genap berumur dua tahun, J&T Express sudah mampu menjangkau seluruh areal di Indonesia. Hal ini disebabkan pengaruh besar dari sisi kreatifitas dari mantan CEO Oppo Indonesia bernama Jet Lee.
Agar memenangkan persaingan atau setidaknya "survive" setiap perusahaan dituntut untuk mempunyai keunikan dan nilai lebih yang ditawarkan untuk pelanggannya. Inovasi harus terus dilakukan untuk mendapatkan "formula" yang tepat agar memenangkan persaingan memperebutkan "market share".
Demikian halnya dengan J&T, mereka sukses karena berhasil melakukan inovasi bisnisnya, sehingga benar-benar dapat memberikan solusi mengenai apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai pengguna layanannya.
J&T Express menggunakan sistem sentralisasi untuk pendistribusian dan penerimaan paket. Sistem ini dikenal dengan nama Drop Point.
Fungsi dari Drop Point adalah sebagai penghubung antara penerima paket dengan pengrim paket, sekaligus melakukan pengiriman paket. Dengan sistem satu konter-satu kurir, J&T Exoress pun mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesua tanpa melalui perantara. Artinya mereka memang berkomitmen langsung menyapa para konsumen dan memberikan rasa aman bagi pengirim dan penerima paket.
Pada masa di mana dunia digital menjadi pusat kebutuhan seperti saat ini, semua jasa pengiriman barang umumnya sudah memiliki sistem pelacakan yang langsung terintegrasi dengan data basenya. Hak ini menjadi media bagi pengirim dan penerima paket dalam mengecek keberadaan barang melalui online.