Pada minggu ketiga bulan agustus 2022 ini tim pengabdi telah melaksanakan kegiatan pegabdian pada tanggal 23 Agustus 2022. Tempat pelaksanaan di Atas Kota Cofee, Patemon, Kota Semarang lantai 2 lengkap dengan peralatan berupa LCD, sound system, meja meeting dan kursi. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan pada pukul 08:00 WIB sesuai dengan perencanaan dengan salah satu koordinator. Sebelum kegiatan dimulai peserta mengisi presensi yang disediakan oleh panitia pada meja pendaftaran.
Diawal kegiatan dilaksanakan pretest dahulu untuk mengetahui tingkat pengetahuan di awal. Pretest menggunakan media google form yang dikerjakan langsung menggunakan smartphone masing-masing. Kemudian, pada materi pertama disampaikan terkait pengetahuan dasar service kendaraan. Pengetahuan tentang dasar perawatan kendaraan menjadi hal yang sangat penting, hal ini di dasarkan untuk meningkatkan kesadaran akan perawatan berkala pada kendaraan, terkait dengan performa kendaraan yang digunakan oleh driver. Oleh karena itu dibutuhkan pelatihan dasar pengetahuan perawatan kendaraan yang sesuai prosedur. Adanya pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran perawatan kendaraan berkala.
Pelatihan ini Dasar Pengetahuan Perawatan kendaraan (Basic Knowledge of service) dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya, yaitu Andri Setiyawan, S.Pd., M.Pd. dosen dari Jurusan Teknik Mesin FT. Dengan adanya pendampingan dan pemberian pengetahuan tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang Perawatan kendaraan (Basic Knowledge of service).
Aplikasi Smart Service merupakan aplikasi edukasi yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam perawatan kendaraan bermotor, informasi service berkala, dan pengingat service kendaraan. Aplikasi dapat diinstall pada sistem Android minimal Jellybean dan berkapasitas 32 MB. Aplikasi ini dibuat secara khusus untuk driver online sebagai pengingat service kendaraan serta memberikan panduan dalam perawatan kendaraan.
Pada akhir sesi dilakukan diskusi dengan driver online untuk menggali informasi kepada driver online apa saja yang dialami ketika berada di lapangan terkait dengan kendaraan yang digunakan. Salah satu driver online menyampaikan bahwa pentingnya merawat kendaraan dapat berpengaruh terhadap kecepatan pengantaran dan kepuasan pelanggan. Pelanggan akan memberikan penilaian setelah driver menyelesaikan pesanan, baik pengantaran penumpang, paket, atau food.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H