Mohon tunggu...
Andri Saputra
Andri Saputra Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 12 Pekanbaru

Menulis emang perlu dilatih dan di biasakan karena semua bisa kita lakukan dengan ada keinginan dan kemauan yang ada pada diri

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

27 Mei 2021   00:18 Diperbarui: 27 Mei 2021   00:25 7098
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual

Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ketika aku bermimpi sendiri, itu hanyalah sebuah mimpi. Ketika kita bermimpi bersama, itu adalah awal sebuah kenyataan. Ketika kita bekerja bersama, mengikuti mimpi kita, itu adalah penciptaan surga di dunia.

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

  1. CGP mampu menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari mengenai tahapan pengelolaan program
  2. CGP mampu merancang pengelolaan program dengan melibatkan orang tua dan komunitas

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak

Setelah Anda mempelajari bagaimana membuat program yang berdampak pada murid dengan tahapan 5 D (BAGJA), melakukan monitoring dan evaluasi serta mempertimbangkan manajemen risiko, bagaimanakah Anda membuat perencanaan program yang berdampak pada murid?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, buatlah rancangan pengelolaan program yang berdampak untuk murid dengan melibatkan rekan guru di sekolah Anda dengan menerapkan semua pengetahuan yang telah diperoleh.

Rancangan program diharapkan dapat memenuhi unsur-unsur berikut:

  1. tujuan program yang berorientasi pada peningkatan kompetensi murid (misalnya kepemimpinan/literasi/toleransi, dll); menggambarkan ide-ide baru dan dapat diterapkan dengan mudah. Tujuan program ini sedapat mungkin selaras dengan visi yang sudah Anda buat pada tahap Lokakarya 3.
  2. tahapan 5 D/BAGJA
  3. rencana Monitoring, Evaluasi, Pembelajaran, dan Pelaporan (Monitoring, Evaluation, Learning, and Reporting)
  4. pelibatan orang tua dan komunitas
  5. durasi program yang berkisar selama 1 bulan.

Rancangan Program Yang Berdampak Pada Murid
Latar Belakang

Ketika aku bermimpi sendiri, itu hanyalah sebuah mimpi. Ketika kita bermimpi bersama, itu adalah awal sebuah kenyataan. Ketika kita bekerja bersama, mengikuti mimpi kita, itu adalah penciptaan surga di dunia.

Berdasarkan dari kutipan diatas jika dilihat dari sekolah yang memiliki 7 modal/asset yang potensinya yaitu modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan, modal finansial, modal politik, modal agama dan budaya, tetapi dalam pengembangan belum diimplementasikan secara optimal dalam proses pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun