Mohon tunggu...
Andrio A
Andrio A Mohon Tunggu... Karyawan Swasta -

Selalu berusaha untuk menjadi Suami dan Ayah yang benar, baik dan bermanfaat untuk keluarga.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Beli Kobo Clara HD di Indonesia

6 Agustus 2018   14:17 Diperbarui: 6 Agustus 2018   14:16 1905
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(blog.showaround.com)

Sebelumnya saya sudah punya Kindle Touch, beli bekas dari seorang teman. Namun, dikarenakan tampilan layar yang kurang baik (baca: faktor umur), saya akhirnya berpikir untuk membeli e-reader baru.

Nah, saya pun iseng mencari pilihan e-reader lainnya. Ternyata ada beberapa merk yang cukup dikenal luas: Kindle, Nook, Kobo, Sony dan lainnya.

Nah, karena saya terbiasa untuk mencoba yang tidak biasa, jatuhlah pilihan pada e-reader yang namanya belum pernah saya dengar: Nook (Barnes and Noble)atau Kobo (a Rakuten company).

Setelah baca-baca referensi di internet, pilihan pun akhirnya jatuh ke Kobo. Kobo adalah perusahaan Kanada yang saat ini sudah dimiliki oleh raksasa Jepang, Rakuten. Jadilah namanya Rakuten Kobo. Selain membaca blog, referensi juga saya dapatkan melalui kanal Youtube Goodereader.

Kobo me-launch produk terbarunya di tahun 2018, Kobo Clara HD. Produk ini pun menjadi saingan berat bagi Kindle. Berikut artikel yang bisa dijadikan referensi sebelum membeli e-reader.

Nah, saya pun berniat membeli Kobo via online. Cek di Toped, nihil. Bukalapak juga nihil. Alhasil, di Indonesia belum ada yang jual. Bahkan di toko e-reader Indonesia yang cukup sering saya intip pun, belum ada Kobo Clara HD.

Akhirnya sempat nemu di Weshop (baru tahu ada ini :D). Namun harga yang dibayar untuk ongkir dan pajak terhitung sangat tinggi. Harga produk IDR 2,600,000 ditambah fees dan taxes sejumlah IDR 1,300,000. Saya pun mundur dari pilihan ini.

Akhirnya, saya memilih untuk beli Kobo dari luar negeri. Pilihan pun jatuh pada eBay berkat referensi dari seorang teman dengan harga IDR 2,500,000. Ini merupakan kali pertama saya berbelanja di eBay. Agak khawatir juga sebenarnya karena barang yang dibeli berharga di atas 100 Dollar, khawatir di tahan di bea cukai.

Daaaaan, setelah menunggu 1 minggu, saya pun menerima Claire (panggilan khusus saya buat Kobo Clara HD :D) dari negeri matahari, Jepang. Pertama kali pakai eBay, pertama kali beli Kobo. And it works! Kan jadi nagih belanja di eBay.

Jadilah sejam setelah bekerja, saya habiskan waktu untuk unboxing Claire dan uploading beberapa buku yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

First impression, it's awesome. Sangat ringan dan nyaman digunakan dibanding e-reader sebelumnya. Dikutip dari Business Insider, Kobo menggunakan teknologi yang disebut "ComfortLight PRO" yang dapat secara otomatis mengatur pencahayaan saat membaca buku dan mengurangi jumlah blue light yang dipancarkan. Oleh karena itu, Claire dapat membantu membaca dalam keadaan minim cahaya tanpa membuat mata lelah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun