Mohon tunggu...
MC Pro
MC Pro Mohon Tunggu... Konsultan - Media Project Cemerlang

Antusias terhadap konten pengembangan diri dan motivasi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

3 Nasehat Untuk Kamu yang Sedang Mengeluh di Tempat Kerja

9 Juli 2024   23:10 Diperbarui: 9 Juli 2024   23:23 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Membahas dunia kerja memang tidak akan pernah ada habisnya, selalu ada cerita setiap harinya ada cerita lucu, sedih, menyenangkan bahkan sampai ke cerita yang menegangkan. Setiap tempat kerja memiliki dinamika dan tantangan tersendiri. Tidak Jarang, berbagai keluhan muncul dari karyawan terkait berbagai aspek lingkungan kerja.

Keluhan di tempat kerja ini mencakup isu-isu antar sesama rekan karyawan, masalah dengan manajemen, beban kerja yang terlalu berat, permasalahan keuangan sampai ke masalah keluarga kadang terbawa ke tempat kerja.

Berikut hal yang seing membuat karyawan mengeluh di tempat kerja.


1. Tidak mampu mengontrol emosi

Sekecil apapun pekerjaan pasti akan dihadapkan dengan berbagai masalah, namun ada orang yang bisa dengan cepat menyelsaikan masalah tersebut, namun ada juga orang yang justru malah memperkeruh masalah. nah disini pentingnya kemampuan mengontrol emosi. semakin kita bisa mengontrol emosi maka semakin bijaklah kita dalam menghadapi masalah. namun sebaliknya semakin kita meledak-ledak ketika emosi maka masalah tersebut bukannya selesai malah akan bertambah.

2. Manajemen waktu yang berantakan

Sekecil apapun pekerjaan jika tidak dikerjakan maka akan menjadi pekerjaan yang besar, artinya masalah timbul bukan dari pekerjaanya melainkan dari manajement waktu yang berantakan. Hobi menunda pekerjaan salahsatunya, itu akan menjadi bom waktu yang akan menyita waktu kita dikemudian hari dan itu sangat bahaya dalam dunia kerja.

3. Adaptasi yang terlalu lama

Didalam pekerjaan apapun kita perlu beradaptasi, entah itu dengan pekerjaanya, lingkungan dan manajemen. namun akan menjadi masalah ketika adaptasinya terlalu lama. Pekerjaan akan terhambat, hubungan dengan lingkungan juga akan menjadi canggung. Adaptasi sangat diperlukan namun disarankan untuk adaptasi dengan cepat agar tercipta lingkungan kerja yang menyenangkan.

Lalu bagaimana cara kita agar bisa tetap menjaga semangat dan kinerja terbaik di tempat kerja?

Menurut Andi Gumilar seorang motivational speaker dan juga praktisi di bidang Business communication sering disampaikan di sesi seminarnya dan bahkan di akun instagramnya (@andi_gumilarr) setidaknya ada 3 hal yang dapat menjaga semangat dan motivasi kita di tempat kerja, apa saja itu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun