Mohon tunggu...
Nitami SetyaAndriani
Nitami SetyaAndriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Guru

Guru yang bukan dari keguruan, bukan guru tapi wirausahawati, bukan pakar tapi berminat pada bidang pendidikan dan ingin memberikan kontribusi dibidang pendidikan dan kewirausahaan di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Berdiferensiasi

29 Oktober 2022   00:44 Diperbarui: 29 Oktober 2022   01:11 1475
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran berdiferensiasi 

Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik sebagai individu. Atau bisa dikatakan juga bahwa pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan dan mampu mengakomodir kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar peserta didik yang berbeda-beda. (Tomlinson, 2001). 

Teori yang mendasari Pembelajaran  Berdiferensiasi

 1. Teori Sistem Ekologi 

merupakan pandangan sosiokultural Bronfenbrenner tentang perkembangan yang terdiri dari 5 sistem lingkungan

(mikrosistem, mesosistem, ekosistem, makrosistem, kronologi)

 2. Teori Multiple Intelegence

merupakan pandangan mengenai adanya kecerdasan multipel

(verbal, logis-matematik, spasial-visual, kinestetik, musikal, intrapersonal)

3. Teori Zone of Proksimal Development (ZPD)

merupakan pandangan mengenai pentingnya pendampingan belajar sesuai dengan usia perkembangannya

4.  Teori Learning Modalities

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun