Pembelajaran berdiferensiasiÂ
Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik sebagai individu. Atau bisa dikatakan juga bahwa pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan dan mampu mengakomodir kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar peserta didik yang berbeda-beda. (Tomlinson, 2001).Â
Teori yang mendasari Pembelajaran  Berdiferensiasi
 1. Teori Sistem EkologiÂ
merupakan pandangan sosiokultural Bronfenbrenner tentang perkembangan yang terdiri dari 5 sistem lingkungan
(mikrosistem, mesosistem, ekosistem, makrosistem, kronologi)
 2. Teori Multiple Intelegence
merupakan pandangan mengenai adanya kecerdasan multipel
(verbal, logis-matematik, spasial-visual, kinestetik, musikal, intrapersonal)
3. Teori Zone of Proksimal Development (ZPD)
merupakan pandangan mengenai pentingnya pendampingan belajar sesuai dengan usia perkembangannya
4. Â Teori Learning Modalities