Mohon tunggu...
Andriani Effendy
Andriani Effendy Mohon Tunggu... -

Lahir dan besar di Parepare yang merupakan juga tanah kelahiran Mantan Presiden RI ke 3 BJ.Habibie. Masih belajar menulis lewat Kompasiana. Belajar tiada henti...

Selanjutnya

Tutup

Healthy

2010, akankah pencapaian Indonesia Sehat?

28 Desember 2009   11:30 Diperbarui: 26 Juni 2015   18:44 1954
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

[caption id="attachment_44759" align="alignleft" width="150" caption="Gigi sehat"][/caption] Tahun 2004 saat menjadi peserta kongres Mahasiswa Kedokteran Gigi se Indonesia di Jakarta, saya sempat bertanya dalam sebuah seminar kedokteran gigi, mengenai target Indonesia Sehat 2010 yang dicanangkan Depkes tahun 1999 lalu, realistiskah visi itu? Itulah inti pokok pertanyaan saya ditengah juga banyak kekhawatiran atau bahkan ketidak percayaan oleh praktisi dan pejabat kesehatan lainnya akan visi dan misi Indonesia Sehat 2010 yang dicanangkan Depkes. Nah, 3 hari lagi tahun 2010 yang dimaksud sudah di depan mata, bagaimana pencapaian untuk kesehatan gigi dan mulut di Indonesia??? Untuk menuju target pencapaian pelayanan kesehatan gigi 2010, telah dilakukan berbagai program, baik promotif, preventif, protektif, kuratif maupun rehabilitatif. Berdasarkan 6 indikator yang telah ditetapkan WHO, maka inilah hasil pencapaian derajat kesehatan gigi dan mulut kita di Indonesia. 1. Anak umur 5 tahun 90% bebas karies, realisasi dan faktanya : Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) mengungkapkan, sekitar 90 persen balita di Indonesia mengalami kerusakan gigi. Karena sebagian besar bagi masyarakat Indonesia beranggapan, kesehatan gigi bukanlah prioritas. (sumber Gatra.com)

2. Anak umur 12 tahun mempunyai tingkat keparahan kerusakan gigi (indeks DMF-T) sebesar 1 (satu) gigi, realisasi dan faktanya Prevalensi karies aktif sebesar 46,5% dan yang mempunyai pengalaman karies penduduk umur 12 tahun ke sebesar 72,1%. Ada 62,3% besarnya kerusakan yang belum ditangani dan memerlukan penumpatan/pencabutan. (sesuai indikator RTI= Required Treatment Index)

3. Penduduk umur 18 tahun bebas gigi yang dicabut (komponen M=0), realisasi dan faktanya: 63,4% besarnya kerusakan gigi penduduk yang belum ditangani dan memerlukan penumpatan/pencabutan. (sesuai indikator RTI= Required Treatment Index)

4. Penduduk umur 35-44 tahun memiliki minimal 20 gigi berfungsi sebesar 90%, relisasi dan faktanya:

32,3% besarnya kerusakan gigi penduduk yang belum ditangani dan memerlukan penumpatan/pencabutan. (RTI= Required Treatment Index).

5. Penduduk umur65 tahun ke atas masih mempunyai gigi berfungsi sebesar 75%, realisasi dan faktanya:

Usia 65 tahun ke atas hanya 41,2%. yang memiliki gigi yang dapat berfungsi dengan baik. Masih lebih bagus dari indikator WHO.

6. Penduduk umur 65 tahun tanpa gigi (edentulous)5%, realisasi dan faktanya: proporsi edentulous penduduk umur 65 tahun ke atas sebesar 17,6%.

Itulah fakta-fakta tentang kesehatan gigi dan mulut penduduk Indonesia menjelang deadline tahun 2010, sebagai patokan Indonesia Sehat 2010. Perlu sistem yang lebih terintegrasi lagi untuk menghasilkan fakta yang lebih bisa mengakat derajat kesehatan gigi dan mulut penduduk Indonesia. Akankah mengejar pencapaian Indonesia Sehat 2010??? Sumber: Riset Kesehatan Dasar Depkes RI, 2007. dan dari berbagai sumber.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun