Tahun 2024 telah berakhir. Kini kita semua telah memasuki tahun baru, 2025. Tahun di mana kita semua bakal diprediksi akan terus mengalami perkembangan. Mulai dari perkembangan ekonomi hingga teknologi. Tidak terkecuali dengan dunia digital marketing yang disebut-sebut juga akan ikut berkembang.
Prediksi ini, tentunya dibarengi dengan fakta bahwa tahun 2025, juga mengandung banyak tantangan di dalamnya. Mulai dari kebijakan ekonomi dari Amerika Serikat dan China yang sangat memengaruhi pasar global, dan juga nilai tukar rupiah yang mengalami pelemahan. 2 tantangan ini, sudah cukup untuk memberikan rasa was-was tersendiri bagi seorang pebisnis dalam meraungi dunianya.
Diperlukan rencana investasi dan juga strategi finansial yang baik untuk bisa menghadapinya. Tentu saja, di dalam rencana investasi dan juga strategi finansial tersebut, pebisnis harus dapat memikirkan metode terbaik demi bisa terus eksis di mata target audience atau pangsa pasar yang ada.
Baca Juga: 4 Tanda Penting Bahwa Kamu Telah Berhasil Dapatkan Jasa SEO Terbaik
Satu di antara sekian banyak metode yang bisa digunakan adalah dengan menjalankan SEO digital marketing. Apa itu SEO digital marketing?. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google. Ilmu optimasi website ini, dijalankan melalui keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalamnya, terdapat 4 metode SEO penting yang mesti dijalankan.
4 metode tersebut adalah;
- On Page SEO: Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan pada website utama. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan produksi konten website berkualitas secara konsisten.
- Off Page SEO: Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan pada website alternatif. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan kegiatan link building.
- Local SEO: Teknik SEOÂ yang fokus pada optimasi pencarian lokal. Salah satu contoh optimasi Local SEOÂ adalah dengan melakukan optimasi pada Google My Business.
- Technical SEO: Metode SEO yang fokus pada aspek-aspek teknis website, yang itu dapat memengaruhi user experience pengunjung. Salah satu contoh penerapannya adalah dengan memasang sertifikat HTTPS pada url website.
Selain 4 metode SEO di atas, seorang pebisnis yang memilih untuk menjalankan SEO juga harus dapat mengerti perkembangan terbaru daripada algoritma search engine, terutama Google sebagai search engine terpopuler di dunia.
Algoritma Google ini, dapat dikatakan selalu berubah tiap bulan atau tahunnya. Wajar jika perubahan algoritma Google ini, disebut-sebut sebagai tantangan besar bagi pebisnis yang memilih SEO sebagai channel marketing utamanya.
Dapat dikatakan pula bahwa perubahan algoritma Google ini, adalah salah satu tantangan pasti yang mesti pebisnis hadapi jika ingin menjalankan SEO di tahun 2025.
Lantas, tantangan SEOÂ apa sajakah yang harus kamu ketahui di tahun 2025 ini?. Dan, bagaimana tips dan trik untuk menghadapinya?. Mimin akan menjelaskannya lengkap di dalam artikel ini. Jadi, silahkan simak baik-baik ya!.