Mohon tunggu...
Andri Marza Akhda
Andri Marza Akhda Mohon Tunggu... Wiraswasta - Content Planner

Yap, saya adalah perencana konten dari Agency Digital Marketing Jogja, bernama Creativism. Di dalam blog Kompasiana ini, saya akan berbagi banyak hal menarik. Terutama seputar digital marketing, teknologi, fashion, virtual reality dan juga bahas hal-hal receh lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Ingin Menjalankan SEO untuk Website Berjenis Online Shop atau E-Commerce? Ini Dia Tekniknya yang Cocok!

13 Agustus 2024   11:29 Diperbarui: 13 Agustus 2024   11:34 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google, melalui keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalam prosesnya, ada banyak hal penting yang mesti dipelajari. Seperti dapat memahami 4 metode SEO utama yakni On-Page SEO, Off-Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO. Selain itu, kamu juga harus dapat memahami perkembangan terbaru daripada algoritma Google. Hal ini penting untuk diketahui karena dapat membantu kamu terhindar dari penerapan Black Hat SEO.

Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya menyalahi aturan daripada Google. Dampak besar dari Black Hat SEO ini adalah konten website yang mengalami banyak deindex atau konten sulit untuk masuk proses indexing. Apabila kamu memahami dengan 2 poin penting ini, maka berjuta-juta manfaat SEO bisa dengan mudah kamu dapatkan.

Satu dari sekian banyak manfaat SEO yang bisa kamu dapatkan tersebut adalah SEO yang mampu meningkatkan metrik lead dan konversi. Kedua metrik yang bersinggungan langsung dengan aktivitas jual beli. Manfaat seperti ini, bisa kamu dapatkan apabila kamu telah menguasai metode Local SEO dan berbagai teknik di dalamnya.

Local SEO sendiri adalah metode optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Didapatkan dari Search Engine Journal, Local SEO memiliki banyak prospek data menjanjikan. Beberapa di antaranya adalah;

- 76% pengguna Google melalui smartphone adalah mereka yang melakukan pencarian lokal. 28% di antaranya bahkan berakhir dengan pembelian di lokasi bisnis.

- 82% pengguna Google membaca Google Review sebelum memutuskan untuk membeli atau mendatangi toko fisik bisnis.

- 74% pembeli yang datang ke toko, adalah mereka yang berawal dari pencarian lokal.

Beberapa prospek data yang diterangkan oleh Search Engine Journal di atas, jelas menjadi bukti nyata betapa pentingnya Local SEO untuk perkembangan website bisnis. Terutama dalam perannya untuk dapat menghasilkan metrik lead dan konversi secara maksimal.

Tapi, tahukah kamu bahwa metode SEO yang dapat membantu meningkatkan kedua metrik tersebut bukan hanya Local SEO saja. Masih banyak metode SEO lainnya yang ampuh digunakan untuk itu. Salah satunya adalah Product-Led SEO. Strategi SEO ini sendiri, cocok diterapkan untuk kamu yang memiliki website bisnis berjenis Online Shop atau E-Commerce.

Lantas, apa sih product-led SEO?. Mimin akan menjelaskannya lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.

Apa itu Product-Led SEO?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun